Pemilu 2024

Anomali Pemilu-Pilpres 2024: Elektabilitas Airlangga Meroket, Golkar Malahan Turun

Anomali Pemilu dan Pilpres 2024. Elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto meroket, keterpilihan Golkar malah turun.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Airlangga Hartarto dan bendera Partai Golkar. Anomali Pemilu dan Pilpres 2024. Elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto meroket, keterpilihan Golkar malah turun. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Anomali Pemilu dan Pilpres 2024. Elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto meroket, keterpilihan Golkar malah turun.

Airlangga masuk lima besar capres dengan elektabilitas tertinggi. Sedangkan beberapa survei menemukan suara Golkar menurun di bawah Partai Gerindra dan Partai Demokrat.

Dosen Pascasarjana Ilmu Politik Universitas Nasional (Unas) Robi Nurhadi menilai wajar anomali Airlangga dan Golkar. Kata dia, figur capres tidak selalu berkorelasi positif dengan keterpilihan parpol.

Kata Robi, Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian itu punya peran penting dalam mengkordinasikan ketahanan ekonomi Indonesia di tengah krisis ketidakpastian global.

Menurut Robi Nurhadi, hal tersebut membuat posisi Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut berpotensi sebagai "Kuda Hitam" pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Pak Airlangga berpotensi jadi Kuda Hitam. Tidak mudah menafikan eksistensinya dalam keberhasilan perekonomian Indonesia di tengah krisis ketidakpastian global saat ini. Apresiasi masyarakat sudah mulai terlihat dari beberapa hasil survei dalam tiga bulan terakhir ini," kata Robi saat ditanya para wartawan, Sabtu (23/7/2022).

Kepala Pusat Penelitian Pascasarjana Universitas Nasional tersebut menunjukan hasil pengamatannya terhadap beberapa lembaga survei yang rilis pada Maret hingga Juni 2022.

Misalnya survei Warna Research Center (WRC) pada 19 Maret - 4 April 2022.

Kemudian survei Indonesia Network Election Survey (INES) pada 13 - 28 April 2022, survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) pada 17 - 30 April 2022, dan survei Indometer pada 20 - 27 April 2022.

Survei selama Maret dan April tersebut menunjukan apresiasi positif atas kinerja dan kepemimpinan Airlangga Hartarto.sebagai Menko Perekonomian.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved