Bawaslu Bone Bolango: Perlunya Peran Masyarakat dalam Wujudkan Pemilu Jujur, Adil dan Berintegritas

Bawaslu Bone Bolango menggelar dialog publik dengan tema: membangun karakter pengawasan partisipatif masyarakat dalam Pemilu Serentak 2024

Penulis: Apris Nawu | Editor: Fajri A. Kidjab
TribunGorontalo.com/Ist
Bawaslu Bone Bolango menggelar dialog publik dengan tema: membangun karakter pengawasan partisipatif masyarakat dalam Pemilu Serentak 2024, di Grand-Q Hotel Kota Gorontalo, Selasa (28/06/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Suwawa - Bawaslu Bone Bolango menggelar dialog publik dengan tema: membangun karakter pengawasan partisipatif masyarakat dalam Pemilu Serentak 2024, di Grand-Q Hotel Kota Gorontalo, Selasa (28/06/2022).

Pantauan TribunGorontalo.com, kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Bone Bolango Moh Fahri Kaluku dan dihadiri oleh Anggota Bawaslu Bone Bolango Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Moh Zain Slamet Baladraf, Kepala Sekretariat Arkan Karim dan diikuti oleh perwakilan Tokoh Agama, Ormas, Tokoh Pemuda dan perwakilan tokoh masyarakat se-Kabupaten Bone Bolango.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Amirudin Lihawa mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dalam rangka menyambut pemilihan umum dan pilkada serentak tahun 2024, Bawaslu Bone Bolango menjadi patron pengawasan pemilu.

"Bawaslu Bone Bolango terus melakukan persiapan dan penguatan di berbagai bidang, utamanya pada bidang pengawasan" ungkap Amirudin.

Amirudin mengatakan, menjelang bergulirnya tahapan pemilu yang akan dilaksanakan, diperlukan pengawasan pemilu partisipiatif yang dilakukan oleh masyarakat.

"Masyarakat merupakan komponen penting dalam kegiatan pengawasan pemilu. Bawaslu Kabupaten Bone Bolango sebagai Lembaga yang mempunyai mandat untuk mengawasi tahapan pemilu dan pemilihan sangat membutuhkan bantuan dan dukungan dari masyarakat luas untuk melakukan pengawasan pemilu," kata dia.

Ketua Bawaslu Bone Bolango Fahri Kaluku menjelaskan, kegiatan dialog publik ini merupakan usaha Bawaslu Bone Bolango untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menghadapi Pemilu di tahun 2024.

Baca juga: Bawaslu Provinsi Gorontalo: Masyarakat Wajib Melaporkan Kecurangan Pemilu

“Jadi kegiatan Sosialisasi ini paling penting adalah Pengawasan Pemilu Partisipatif yang dikemas dalam dialog publik dilakukan untuk meningkatkan peran masyarakat Bone Bolango dalam mengawal Pemilu," ujar Fahri.

"Perlunya peran masyarakat dalam mewujudkan Pemilu yang Jujur, adil dan Berintegritas," imbuhnya.

Menurutnya, dalam rangka upaya mensukseskan pemilu serentak 2024, dibutuhkan peran semua pihak.

"Kegiatan hari ini, sengaja kami mengundang beberapa Ormas, tokoh Agama sebagai upaya Bawaslu Bone Bolango untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Peran semua pihak dalam suksesnya Pemilu serentak 2024 sangat sangat dibutuhkan," ucap Fahri.

Tahapan Pemilu yang telah dimulai sejak tanggal 14 Juni 2022 berdasarkan PKPU, lanjut dia, sejak dini harus terus disosialisikan kepada semua kalangan.

"Bawaslu Bone Bolango dalam upaya tersebut telah melakukan kegiatan-kegiatan sosialisasi baik turun langsung di lapangan maupun dalam pertemuan forum seperti ini," jelasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved