Jelang Idul Adha, Harga Bawang Merah di Pasar Rakyat Marisa-Gorontalo Disebut Bikin 'Nangis'

Kenaikan ini pun disebut sejumlah masyarakat bikin 'nangis'. Pasalnya, kenaikkan sekitar 50 persen dari yang sebelumnya.

Penulis: redaksi | Editor: Fajri A. Kidjab
TribunGorontalo.com
Harga bawang merah di Pasar Marisa menembus Rp 90 ribu per kilogram. (TribunGorontalo.com/Ronald Rampi). 

(Laporan Ronald Rampi, Wartawan TribunGorontalo.com dari Kabupaten Pohuwato)

TRIBUNGORONTALO.COM, Marisa - Jelang Idul Adha, harga bawang merah di Pasar Rakyat Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato mengalami kenaikan sangat signifikan.

Sesuai pantauan langsung TribunGorontalo.com di Pasar Rakyat Marisa pada Selasa (28/6/2022) siang, harga bawang merah menembus angka Rp 90 ribu per kilogramnya.

Kenaikan ini pun disebut sejumlah masyarakat bikin 'nangis'. Pasalnya, kenaikkan sekitar 50 persen dari yang sebelumnya. Padahal, saat ini masyarakat tengah mempersiapkan perayaan Hari Raya Idul Adha.

Greti (47), pedagang kebutuhan bahan pokok di Pasar Marisa saat diwawancarai TribunGorontalo.com mengungkapkan, kenaikan harga bawang merah ini telah terjadi sejak dua pekan terakhir.

Sebelumnya, harga bawang merah berada di posisi Rp 40 per kilogram. "Kemudian naik jadi Rp 60 ribu per kilogram. Nah, sekarang sudah mencapai Rp 90 ribu per kilogramnya," ungkapnya.

Diungkapkannya, kenaikan ini dipicu dari ketersediaan stok bawang merah yang sangat terbatas dan cenderung malam ditingkat penyalur.

Dia menuturkan, bawang merah yang dijual di Pasar Marisa ini berasal dari wilayah Makasar, Sulawesi Selatan.

"Pengambilan kami di mobil (penyalur) harganya sudah naik, jadi harga penjualan di masyarakat juga naik," lanjut dia.

Sementara itu, untuk harga kebutuhan bahan pokok lainnya terpantau stabil, bahkan ada pula yang mengalami penurunan. Seperti cabai, pada beberapa waktu sempat menembus angka Rp 120 ribu per kilogramnya, kini harga penjual berada pada kisaran Rp 85-90 ribu per kilogramnya.

Baca juga: Harga Daging Sapi Rp 140 Ribu per Kilogram, Pedagang Akui Daya Beli Lesu

"Harga tomat juga saat ini turun. Sekarang harganya Rp 25 per kilogram," tambah Greti.

Untuk bawang putih, harganya stabil pada angka Rp 35 ribu per kilogram. Minyak goreng pada botol mineral ukuran sedang berharga Rp 15 ribu per botol dan pada botol air mineral ukuran besar berharga Rp 30 per botol.

Adapun harga telur per bak, sejak bulan puasa lalu, telah menembus angka Rp 58 ribu per bak. Dan harga tersebut masih berlaku hingga saat ini. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved