Breaking News:

Mopotilolo Penjabup Boalemo, Pemcam Tampilkan Kekayaan Etnis di Mananggu

Kunjungan perdana Penjabat Bupati Boalemo Dr dr Hendriwan di Kecamatan Mananggu, pada Minggu (5/6/2022) pagi

Penulis: redaksi | Editor: Fajri A. Kidjab
TribunGorontalo.com/ ist
Penyambutan Adat Mopotilolo di Kecamatan Mananggu menampilkan baju adat dari berbagai etnis. (Foto : Facebook/Hairum Mahmud) 

(Laporan Ronald Rampi, Wartawan TribunGorontalo.com dari Mananggu, Kabupaten Bualemo)

TRIBUNGORONTALO.COM, Tilamuta - Kunjungan perdana Penjabat Bupati Boalemo Dr dr Hendriwan di Kecamatan Mananggu, pada Minggu (5/6/2022) pagi, disambut dengan prosesi adat Mopotilolo oleh jajaran pemerintah kecamatan, lembaga adat hingga pemerintah desa se-Kecamatan Mananggu.

Proses adat Mopotilolo merupakan rangkaian adat, dalam rangka menyambut setiap pejabat tinggi Negara, yang baru pertama kali datang ke Gorontalo.

Penyambutan adat Mopotilolo diiringi tabuhan gendang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo.

Di Kecamatan Mananggu, selain menyambut kunjungan perdana Penjabup Hendriwan dengan prosesi adat Mopotilolo, Pemerintah Kecamatan Mananggu juga menampilkan kekayaan etnis, yang ada di wilayah paling barat Kabupaten Boalemo itu.

Hal ini diungkapkan Camat Mananggu Sumantri Karim. Pejabat birokrat yang merupakan mantan pemain sepakbola Persigo itu menuturkan, penyambutan secara adat Mopotilolo adalah sebuah tradisi yang wajib untuk diselenggarakan. Sehingga sudah menjadi sebua kewajiban untuk menyambut secara adat, bagi pejabat yang baru pertama kali berkunjung ke Kecamatan Mananggu.

"Termasuk kunjungan perdana bapak Penjabup ini," ucapnya.

Selain itu, lanjut Sumantri, perlu diperkenalkan juga bahwa Kecamatan Mananggu adalah wilayah yang memiliki keberagaman etnis.

Hal ini disebut sebagai kekayaan potensi budaya yang sangat menarik dan menjadikan Mananggu sebagai daerah heterogen.

Baca juga: Listrik Padam di Marisa Minggu Pagi hingga Sore, Mamat Buka Barbershop Malam Hari

"Di Mananggu ada beberapa etnis, seperti Gorontalo, Minahasa, Jawa Tondano dan Sanger. Dan Alhamdulillah, semua hidup bersama rukun dan damai," beber Sumantri.

Seluruh perwakilan etnis yang ada di Mananggu ini, sebut Sumantri, disiapkan untuk berpartisipasi pada penyambutan secara adat Mopotilolo.

Dimana, setiap etnis diminta menyiapkan sepasang putra putri yang mengenakan pakaian adat menunjukkan keberagaman etnis di Mananggu.

"Kami menyiapkan beberapa pasang putra putri untuk mengenakan pakaian adat guna menunjukkan keberagaman etnis budaya di Mananggu saat proses Mopotilolo berlangsung," tukas Sumantri.

Penjabat Bupati Boalemo Hendriwan, melaksanakan kunjungan perdana sekaligus penyambutan Adat Mopotilolo di seluruh kecamatan se-Kabupaten Boalemo, sejak beberapa waktu terakhir. Kecamatan Mananggu dan Botumoito menjadi wilayah terakhir yang dikunjungi oleh Penjabup Boalemo pada Minggu(5/6/2022).

Setelah menggelar adat Mopotilolo di semua kecamatan, maka dipastikan Penjabup yang ditunjuk langsung oleh Mendagri Tito Karnavian, itu sudah bisa menghadiri dan melaksanakan berbagai kegiatan ditingkat kecamatan se-Boalemo. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved