Dinas Perikanan Panen Budidaya Ikan Lele Bersama Warga

Dinas Perikanan Kabupaten Bone Bolango, mengadakan panen simbolis budidaya ikan lele pada kolam terpal milik warga setempat, Desa Bendungan

Penulis: Apris Nawu | Editor: Fajri A. Kidjab
TribunGorontalo.com
Foto Bersama Dinas perikanan Bone Bolango dan warga masyarakat Desa Bendungan. Panen Ikan Lele. Senin (30/5/2022) 

TRIBUNGORONTALO.COM, Bone Bolango - Dinas Perikanan Kabupaten Bone Bolango, mengadakan panen simbolis budidaya ikan lele pada kolam terpal milik warga setempat, Desa Bendungan Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango, Senin (30/5/2022).

Pantauan TribunGorontalo.com, dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung Kadis perikanan Sugondo Makmur, seluruh pegawai, staf perikanan Bone Bolango, dan perangkat desa dan warga bendungan.

Sugondo Makmur kepada TribunGorontalo.com menjelaskan tujuan kali ini ialah untuk panen simbolis budidaya ikan lele.

"Ini merupakan wujud pemberdayaan masyarakat dalam rangka penguatan ketahanan pangan dan peningkatan sumber daya manusia atau SDM bagi warga dan peningkatan Ekonomi," kata dia.

“Jadi ini pakai Angaran Dana Desa untuk memberdayakan warga melalui ketahanan pangan dengan budidaya ikan lele, untuk sumber anggarannya dari dana desa. Alhamdulillah ini panen perdana, di kolam terpal milik warga bendungan" imbuhnya.

Baca juga: Mukhamad Mukhanif, LF SP2022, Wajib Didukung Semua Pihak

Sebelumnya, kita juga sudah mengadakan kunjungan di setiap TPI dan tempat paname udang dan lain-lain, jadi kami selalu mengadakan sosialisasi terkait pelaksanaan budidaya ikan.

"Jadi ini upaya sebagai pertumbuhan ekonomi, yang bertujuan untuk menjamin ketersediaan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu dengan seimbang untuk warga Bone Bolango," lanjutnya.

Selanjutnya, Sugondo berharap dengan keberhasilan panen raya ikan lele ini, menjadikan motivasi dan kemandirian guna meningkatkan kesejahteraan warga setempat, paling penting juga, kesejahreraan masyarakat demi kebangkitan Ekonomi di Bone Bolango,“ ucapnya.

Tambahan Sugondo, ia mengapresiasi atas keberhasilan dan kesuksesan budidaya ikan lele oleh Pemdes melalu Dana Desa, dari sini ada pemberdayaan ikan lele bagi warga desanya.

“Panen raya ikan lele ini bukti keberhasilan mewujudkan ekonomi Bone Bolango stabil seperti semula," kata dia.

Terakhir budidaya ini bisa lebih berkembang dan bisa memberikan keuntungan untuk warga serta bisa menjadi salah satu sumber ekonomi bagi warga setempat,“ pungkasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved