Mukhamad Mukhanif: LF SP2020 Wajib Didukung Semua Pihak

Badan Pusat Statistika Provinsi Gorontalo gelar Rapat Kordinasi Teknis, Long from sensus penduduk 2020, (LF SP 2020), di Aston Hotel Gorontalo.

Penulis: Apris Nawu | Editor: Fajri A. Kidjab
TribunGorontalo.com
Kepala BPS provinsi Gorontalo Mukhhamad Mukhanif, saat di wawancarai 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Badan Pusat Statistika Provinsi Gorontalo gelar Rapat Kordinasi Teknis, Long from sensus penduduk 2020, (LF SP 2020), di Aston Hotel Gorontalo, Senin (30/5/2022).

Kepala BPS Provinsi Mukhamad Mukhanif, mengakui salah satu suksesnya Sensus Penduduk (SP) 2020 kemarin adalah berkat campur tangan mitra BPS yang saling berkoordinasi.

"Kali ini di Sensus Penduduk 2020 Lanjutan semua mitra berkumpul pada rapat koordinasi," ujar Mukhamad Mukhanif.

“Di tahun 2020 suksesnya sensus, karena faktor utamanya koordinasi dengan eksternal bagus terutama di teman-teman publistitas, seperti di Kominfo, media-media hingga aparat berjenjang Camat sampai aparat desa/kelurahan,” jelasnya.

Pihaknya membutuhkan publisitas secara berkelanjutan, karena pelaksanaan sensus dilapangan masih menimbukan keengganan dan kekhawatiran responden untuk memberikan data.

"Adapun data yang diberikan ke petugas sensus dijamin tidak akan disalahgunakan karena telah dilindungi undang-undang," tambah Mukhanif. 

"Masih butuh sosialisasi tanpa henti. Ada 2 kepentingan dari pemberian edukasi melalui sosialisasi yaitu penyadaran kepada masyarakat tentang ilmu statistik dan kegiatan sensus itu sendiri,” kata dia.

Selaras dengan penyampaian Kepala BPS Provinsi, Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Kota Gorontalo, Arfan Pakaya yang turut hadir pada agenda Rakor Teknis Long Form sensus penduduk 2020 (LF SP2020) mengungkapkan dukungannya. 

Disebutkan Arfan, salah satu bentuk sosialisasi adalah penyebaran informasi melalui sarana media komunikasi, hingga nantinya mampu mempermudah pelaksanaan pendataan di lapangan.   

“Dinas Kominfo dan persandian kota mendukung penuh pelaksanakaan program SP 2020 lanjutan," ucapnya.

Dalam penyebaran informasi sangat perlu disosialisasikan kepada masyarakat khususnya masyarakat kota Gorontalo, tentang SP 2020 lanjutan 2022 ini agar mempermudah dalam pendataan. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved