FBI dan Fiji Sita Kapal Pesiar Mewah Milik Oligarki Rusia

Departemen Kehakiman AS mengatakan, pihak berwenang Fiji telah menyita kapal pesiar senilai 300 juta dolar AS milik oligarki Rusia Suleiman Kerimov.

Editor: lodie tombeg
tribunnews
Kapal pesiar milik oligarki Rusia 

TRIBUNGORONTALO.COM, Suva - Departemen Kehakiman AS mengatakan, pihak berwenang Fiji telah menyita kapal pesiar senilai 300 juta dolar AS milik oligarki Rusia Suleiman Kerimov, atas permintaan Amerika Serikat.

Penyitaan yang diumumkan pada Kamis (5/5/2022) kemarin, merupakan langkah terbaru AS serta sekutunya untuk meningkatkan tekanan kepada Rusia, setelah serangan yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina sejak Februari lalu.

Sebuah pengadilan di Fiji memutuskan pada Selasa (3/5/2022) lalu, AS dapat menyita kapal pesiar milik oligarki Rusia, beberapa minggu setelah tiba dan disita oleh polisi.

Jaksa Agung AS, Merrick B Garland mengatakan Departemen Kehakiman AS terus berupaya untuk meminta pertanggungjawaban oligarki Rusia yang dinilai ikut memfasilitasi serangan Rusia ke Ukraina.

“Departemen Kehakiman akan tanpa henti dalam upaya kami untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang memfasilitasi kematian dan kehancuran yang kami saksikan di Ukraina,” kata Merrick B Garland dalam sebuah pernyataan, yang dikutip dari situs aljazeera.com.

Departemen Kehakiman mengatakan, Kerimov masuk ke dalam daftar Departemen Keuangan AS sebagai oligarki Rusia yang mengambil keuntungan dari pemerintah Rusia, melalui korupsi dan aktivitas kejahatan lainnya.

Kerimov dijatuhi sanksi oleh AS pada tahun 2014 dan 2018, sebagai tanggapan atas tidakan Rusia di Suriah dan Ukraina. Dia juga telah menerima sanksi dari Uni Eropa.

Pihak berwenang di berbagai negara telah menunjukan usahanya untuk menyita aset mewah milik oligarki Rusia, dari mulai kapal pesiar hingga villa mewah, sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina.

Pada Maret lalu, Departemen Kehakiman AS meluncurkan gugus tugas Klepto Capture yang secara khusus akan bergerak untuk menyita kapal pesiar dan aset mewah lainnya milik oligarki Rusia.

Hal ini dapat menempatkan keuangan oligarki Rusia di bawah tekanan dan sebagai upaya untuk menekan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Awal bulan lalu, AS telah menyita kapal pesiar milik miliarder dan sekutu dekat Putin, Viktor Vekselberg. Kapal pesiar milik Vekselberg yang memiliki panjang 254 kaki ini disita di Spanyol.

Vekselberg merupakan kepala Renova Group yang berbasis di Moskow, sebuah perusahaan yang bergerak di bisnis logam, pertambangan, teknologi dan aset lainnya.

FBI dan Kepolisian Fiji Usut Kepemilikan Kapal

Pihak kepolisian Fiji dan agen Biro Investigasi Federal (FBI) menyita kapal pesiar "Amadea" di sebuah dermaga pada Kamis (5/5/2022), dua hari setelah pengadilan Fiji mengeluarkan surat perintah dari Amerika Serikat atas dugaan pencucian uang.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved