ADV Pemkab Pohuwato

Suharsi Akui Hutan dan Pesisir Pohuwato Perlu Diselamatkan dari Ancaman Degradasi

Hal itu ia ungkapkan saat melakukan penanaman pohon di Kawasan Pantai Pohon Cinta. Penanaman itu dalam momen bakti sosial

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Istimewa
Suharsi Igirisa, Wakil Bupati Pohuwato melakukan penanaman pohon di pesisir kawasan Pantai Pohon Cinta, Senin (25/4/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Suharsi Igirisa, Wakil Bupati Pohuwato mengatakan, jika penanaman pohon merupakan bentuk komitmen pihaknya dalam mendukung lingkungan. 

Hal itu ia ungkapkan saat melakukan penanaman pohon di Kawasan Pantai Pohon Cinta. Penanaman itu dalam momen bakti sosial bersama SMA terpadu Wira Bhakti Gorontalo, Senin (25/4/2022). Jenderal TNI Purn Wiranto terlihat berada di lokasi ikut melakukan penanaman.

“Kita ketahui bersama masalah lingkungan menjadi isu strategis terutama dalam menghadapi perubahan iklim yang makin ekstrem,” tegas Suharsi. 

Ia pun mengakui, bahwa memang saat ini tantangan pemerintah adalah adanya degradasi kawasan hutan dan lahan. 

Kata dia, degradasi terjadi karena adanya perkebunan, pertambangan, dan alih fungsi kawasan, “sehingga luasan tutupan hutan makin hari makin berkurang jumlahnya,”

Tidak hanya hutan, juga kawasan pesisir saat ini terancam.

Ia mengakui bahwa memang kerusakan hutan mangrove terjadi hampir di seluruh wilayah di Kabupaten Pohuwato.

Penyebabnya pun sama, yakni alih fungsi kawasan. Karena itu, upaya menghambat laju tingkat kerusakan hutan, dan kawasan pesisir tersebut adalah dengan menggalakan kegiatan penanaman pohon.

“Karena itu melalui kesempatan ini kami menghimbau kepada seluruh komponen masyarakat, Pemerintah Pusat, dan Pemerintah Daerah, Dunia Usaha dan Dunia Pendidikan, khususnya kalangan perguruan tinggi agar berkolaborasi melakukan gerakan dan aksi bersama dalam menyelamatkan lingkungan melalui kegiatan penanaman pohon,” tegas Suharsi. 

Ia berharap, kehadiran Wiranto dalam penanaman itu mampu memberikan dampak positif. Terutama dalam upaya pihaknya menyelamatkan lingkungan. 

“Kita dukung kawasan wisata pohon cinta ini menjadi kawasan destinasi wisata yang sejuk, hijau dan indah, sehingga dapat membuat para pengunjung wisata tersebut nyaman,” tutup Suharsi. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved