Pria di Gorontalo ini Bisa Mengerti Bahasa Isyarat Kuda

Biasanya kata jika kuda tertawa itu maksudnya bisa saja menginginkan makanan ataupun ingin keluar kadang. Barangkali karena ia ingin bermain di luar

Penulis: M Husnul Jawahir Puhi | Editor: Wawan Akuba
Pria di Gorontalo ini Bisa Mengerti Bahasa Isyarat Kuda
TribunGorontalo.com/Istimewa
Tampak kandang kuda di Wadala Stable, Bone Bolango.

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Seorang pria di Gorontalo bernama Ervan Halid mampu membaca bahasa kuda. Pria paruh baya ini memang bekerja sebagai groomer di wisata berkuda di Jalan Makam Nani Wartabone, Desa Helumo, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango.

Groomer dalam bahasa Indonesia disebut penata rias. Dalam perawatan kuda, artinya groomer adalah penata rias yang tugasnya merawat kuda-kuda. Misalnya menyisir rambut kuda serta membersihkan badannya. 

Ervan ditemui TribunGorontalo.com saat sedang bersantai di tempat wisata bernama Wadala Stable tersebut. Ia mengaku tahu maksud dari kuda-kuda yang ia rawat bahkan dari cara tertawa.

“Saya mengerti akan isyarat kuda itu sendiri, contohnya seperti ketawa kuda. Tertawa tersebut mempunyai makna dan arti masing-masing,” ungkap dia, Selasa (19/4/2022). 

Biasanya kata jika kuda tertawa itu maksudnya bisa saja menginginkan makanan ataupun ingin keluar kadang. Barangkali karena ia ingin bermain di luar kandang tanpa belenggu. 

Ervan bekerja di Wadala Stable milik Husain Alamri. Wisata ini dibukan sejak 2019, dan sejak saat itu Ervan sudah dipilih untuk merawat kuda-kuda di tempat tersebut. 

Uniknya, Ervan sebetulnya belajar mengenal bahasa isyarat kuda dari media sosial. Ia juga memanfaatkan koneksinya untuk bertanya-tanya. 

"Teori yang saya dapatkan mengenai merawat dan memelihara kuda-kuda yang ada di wahana ini hanya bermodalkan media sosial dan diskusi dengan beberapa pelatih kuda,” ungkapnya. 

Ia mengaku, ia mampu membaca bahasa isyarat kuda karena memang ia sudah merasa sangat dekat dengan kuda-kuda itu. Wajar saja, ia hampir setiap hari merawat kuda-kuda itu. 

Wadala Stable sendiri merupakan wahana menunggangi kuda. Di tempat ini masyarakat bisa belajar cara menunggangi kuda. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved