Takjil Ramadhan 2022

Melepas rindu di Bulan Ramadhan Bersama kue Gabin 

Camilan anak anak zaman dulu ini menyuguhkan cita rasa renyah dari biskuit gabin, dan isian vla susu yang super manis. Dijamin kesederhanaannya mampu

Penulis: Risman Taharuddin | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Ist
Kue gabin segitiga adalah cemilan jadul yang di tengahnya diisi vla susu. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Kue gabin segitiga adalah cemilan jadul yang di tengahnya diisi vla susu. Cemilan manis ini sudah ada sejak tahun 90-an. Kue gabin dulu yang harganya masih Rp 500, kini dijual Rp 2 ribu per biji. 

Camilan anak anak zaman dulu ini menyuguhkan cita rasa renyah dari biskuit gabin, dan isian vla susu yang super manis. Dijamin kesederhanaannya mampu bikin semua orang rindu sama suasana masa kecil. 

Kue gabin ini aslinya berasal dari biskuit renyah dan tawar bermerek gabin yang populer dan terkenal di berbagai kota. 

Tak perlu bingung mencari kue gabin, di momentum bulan suci ramadhan, kue ini bisa kita jumpai di berbagai lapak kuliner yang berada di emperan jalan atau trotoar. 

Jika tak ingin membeli, Anda bisa juga membuatnya di rumah. membuat kue gabin di rumah sendiri rasanya lebih baik dibanding membeli, sebab dengan membuat adonan bersama keluarga tentu gotong royongnya lebih kita dapat, puasa pun akan terasa cepat. 

Setelah waktu buka bersama sudah tiba pasti rasanya akan lebih nikmat ketika dimakan bersama keluarga dan Dijamin kerinduan kamu sama masa kecil terbayarkan

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Kue Gabin - Fla Susu Keju: 

  1. Ambil 12 keping biskuit malkist crackers 
  2. Ambil 3 sdm tepung terigu 
  3. Sediakan 3 sdm gula pasir 
  4. Siapkan 5 sdm SKM vanila 
  5. Siapkan 100 ml air 
  6. Ambil 1/2 sdt vanili bubuk 
  7. Gunakan 1/2 sdt garam 
  8. Ambil 2 sdm mentega 
  9. Siapkan 1 butir telur (pisahkan putih dan kuningnya) 
  10. Siapkan Secukupnya keju parut 
  11. Sediakan Secukupnya minyak goreng 

Langkah-langkah menyiapkan Kue Gabin - Fla Susu Keju: 

Campurkan seluruh bahan untuk membuat fla susu : tepung terigu, gula pasir, SKM, vanili bubuk, garam, kuning telur dan air, aduk merata hingga tidak ada yang menggumpal. 

Masak adonan vla susu menggunakan teflon di atas api sedang, aduk hingga mengental, kemudian setelah mengental masukkan mentega dan masak hingga fla menjadi kalis. 

Dinginkan vla yang telah dimasak. Setelah dingin, ambil 1 keping biskuit dan berikan adonan vla susu di atasnya. Ratakan kemudian taburkan keju (kalau tdk suka asin, tdk perlu ditambah keju atau bisa kurangi penggunaan garam). Kemudian tutup dengan 1 keping biskuit yang lain, lakukan hingga fla susu habis. 

Celupkan kue yang sudah siap ke dalam telur putih, khususnya untuk tiap sisinya. Kemudian panaskan minyak goreng di api sedang, lalu goreng kue hingga berwarna emas kecoklatan. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved