Kue Cucur Khas Betawi yang Populer di Gorontalo

Meski bukan khas Gorontalo, namun Cucur sangat akrab di lidah masyarakat Gorontalo.

Penulis: M Husnul Jawahir Puhi | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Ist
Meski bukan khas Gorontalo, namun cucur sangat akrab di lidah masyarakat Gorontalo. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Cucur adalah penganan khas Betawi. Kue ini memiliki ciri khas pinggiran berbentuk keriting seperti pizza. 

Meski bukan khas Gorontalo, namun cucur sangat akrab di lidah masyarakat Gorontalo. Tidak heran, ini menjadi hidangan wajib saat acara, mulai pernikahan, syukuran, hingga sekadar kumpul keluarga atau hajatan. 

Salah satu alasan kenapa kue ini diminati karena teksturnya yang kenyal serta rasanya manis. Selain di Indonesia, keberadaan kue cucur ini juga bisa ditemui di Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Sri Lanka, dan India.  tentunya dengan sebutan yang berbeda.

Jika dimaknai, menurut Muhammad Amrullah, kue cucur yaitu makanan khas berbentuk bundar pipih yang terbuat dari gula merah, sebagai simbol pemanis agar setiap pekerjaan selalu berbuah manis (berhasil).

Disebut cucur karena pembuatannya dengan cara meneteskan sejumlah adonan ke dalam loyang alias ngocor menjadi awal mula penemuan kue cucur.

Para pendatang yang seharusnya mengucapkan ngocor menjadi ngucur dan jadilah kue cucur

Cucur di Gorontalo mempunyai ciri khas tersendiri, masyarakat biasanya menambahkan kacang di tengah. 

Kue ini berbahan dasar gula merah dan gula pasir. Bahan-bahan itu dicampur dengan air secukupnya kemudian dicampur dengan beberapa adonan lainnya, seperti vanili, dan pandan. 

Kemudian bahan dan adonan tersebut dimasak hingga mendidih, kemudian ditambah tepung beras dan terigu. 

Setelah semua bahan tersebut dicampur, lalu didiamkan selama kurang lebih dua jam.

Selanjutnya adonan yang sudah didiamkan selama dua jam tersebut, digoreng menggunakan api yang sedang sambil disirami minyak goreng panas di bagian adonan tersebut, sampai di bagian sampingnya menimbulkan bentuk kriting. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved