Kepala Pegadaian Ajak Masyarakat Gorontalo Berinvestasi Emas

Bagi warga Gorontalo yang ingin berinvestasi emas, caranya sangat mudah. Sama seperti membuka tabungan di perbankan. 

Penulis: Risman Taharuddin | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/RismanTaharuddin
Kantor Pegadaian Gorontalo Utara yang berada di Kota Gorontalo. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Sudriman Kaharu, Kepala Pegadaian Cabang Gorontalo Utara mengajak masyarakat untuk berinvestasi emas. Sebab, emas harganya cenderung stabil dari waktu ke waktu karena adanya penawaran dan permintaan pada pasar yang jelas. 

Karena itu, jika berminat untuk berinvestasi emas, maka Pegadaian adalah salah satu tempat yang tepat. Pegadaian kata dia tidak hanya sebagai tempat pengajuan pinjaman atau kredit, juga sebagai tempat untuk berinvestasi, salah satunya investasi emas.

Bagi warga Gorontalo yang ingin berinvestasi emas, caranya sangat mudah. Sama seperti membuka tabungan di perbankan. 

"Anda tinggal membuka rekening dengan menunjukan KTP, setoran awal minimal Rp 50 ribu. Hanya dengan cara itu masyarakat sudah mendapatkan buku tabungan, dengan pemotongan biaya Rp 10 ribu rupiah pembukaan rekening, dan biaya administrasi untuk satu tahun hanya Rp 30 ribu rupiah," ungkapnya. 

Biaya administrasinya hanya Rp 30 ribu rupiah untuk setahun. Sementara pilihan investasinya sangat variatif. 

Sementara untuk investasi emas batangan, mekanismenya bisa pembelian secara cash dan bisa juga secara kredit dengan jangka waktu minimal tiga bulan.

“Nanti kita mau kepingan berapa, mau kepingan 0.5 gram hingga 1.000 gram itu ada dengan kualitas pasti terjamin dari beberapa vendor penyedia seperti aneka tambang, IBS, Gallery 24, Lotus dan lainnya, tingga dipilih maunya yang mana,” kata Sudriman, Rabu (13/4/2022). 

Saat ini kata Sudriman, sudah banyak masyarakat yang sadar dan mulai berinvestasi. Berinvestasi emas akan terasa manfaatnya jangka menengah sampai jangka panjang. 

“Jadi jika masyarakat hanya berharap 1-2 tahun sudah mendapatkan keuntungan lebih baik jangan (berinvestasi),” kata Sudriman. 

Ideal tabungan emas kata Sudirman, investasinya di atas tiga tahunan, tetapi tergantung fluktuasi harga. Karena harga emas itu setiap tahunnya pasti naik terus.

“Hanya saja bulan kemarin masih di bawa sejuta namun sekarang sudah di atas sejuta,” ungkapnya. 

"Pentingnya kita menabung dan berinvestasi untuk jangka panjang dalam bentuk emas, karena harganya stabil, juga zero inflasi (tidak termakan inflasi) karena dia akan mengikuti kenaikan itu, beda dengan uang, nilai uang semakin lama semakin turun nilainya, kalau emas semakin lama semakin naik," tandas Sudriman. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved