Prakiraan Cuaca

Gorontalo Berpotensi Hujan: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Indonesia Kamis Besok

Provinsi Gorontalo berpotensi hujan pada Kamis (30/3/2022). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca.

Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com/wawan akuba
(ilustrasi) Sebuah mobil medium utility vehicle melintas di genangan air bundaran Bandar Udara Internasional Djalaluddin Gorontalo, selepas hujan ringan Selasa (8/3/2022) sore. Genangan ini memercikan air dari aspal ke bahu jalan. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Provinsi Gorontalo berpotensi hujan pada Kamis (30/3/2022). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Kamis besok.

Terdapat beberapa daerah yang mendapatkan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG. Melalui laman resminya, BMKG memprediksi 21 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Sementara 5 wilayah diprediksi berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

BMKG menginformasikan, terdapat Bibit Siklon Tropis 93W terpantau di daratan Vietnam dengan intensitas mulai melemah pada saat memasuki wilayah daratan.

Namun masih membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, di Kalimantan Barat, dan di Kalimantan Utara.

Bibit Siklon Tropis 96S terpantau di Samudra Hindia Selatan Jawa. Seiring dengan pergerakannya ke arah Tenggara yang semakin menjauhi wilayah Indonesia maka dampak peningkatan hujan di wilayah Indonesia juga berkurang namun potensi gelombang tinggi masih dapat terjadi di Samudera Hindia sebelah barat Lampung hingga selatan Bali.

Sirkulasi Siklonik terpantau di perairan sebelah selatan Sulawesi Selatan - utara NTB yang membentuk daerah konvergensi dari Jawa Barat bag selatan hingga Jawa Timur, dari Kalimantan Timur hingga Sulawesi Tenggara, di Kalimantan Tengah, di Selat Makassar dan di NTT bag timur serta membentuk daerah konfluensi di Selat Makassar bagian selatan dan Sulawesi Selatan.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Bengkulu hingga Lampung, dan dari Maluku hingga Papua Barat serta konfluensi di Papua bag selatan (tarikan dari bibit siklon tropis 97S di selatan Papua Nugini) dan di Laut Jawa.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Kamis (31/3/2022) besok:

- Aceh

- Jambi

- Sumatera Selatan

- Kep. Bangka Belitung

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved