Perang Rusia Ukraina

Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-336: Jerman Akhirnya Mau Kirim Tank Leopard 2 ke Kyiv

Kondisi terkini perang Rusia pada Rabu (25/1/2023): Setelah didesak NATO, Jerman akhirnya mau mengirimkan tank tempur Leopard 2 ke Ukraina.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
via military-today.com
Ilustrasi tank tempur utama Leopard 2 buatan Jerman. Kabar terbaru dalam perang Rusia vs Ukraina hari ke-336 pada Rabu (25/1/2023): Jerman digadang-gadang akan mengirimkan tank tempur utama Leopard 2 buatannya ke Ukraina dan mengizinkan negara-negara lain yang memiliki tank tersebut untuk dikirim juga ke Ukraina. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Perang antara pasukan militer Rusia dengan Ukraina hingga hari ini, Rabu (25/1/2023) terhitung telah berlangsung 336 hari lamanya.

Kabar terbaru dalam perang Rusia adalah Jerman akan mengirim tank Leopard 2 ke Ukraina.

Presiden Rusia Vladimir Putin memulai invasi ini sejak memerintahkan pasukan militernya untuk meluncurkan serangan berskala penuh ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022) lalu.

Invasi ini juga disebut Putin sebagai 'operasi militer khusus' dengan tujuan untuk memberantas 'genosida' di Donbas, serta 'demiliterisasi' dan 'denazifikasi' Ukraina.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-335: Didesak NATO, Jerman Tawarkan Leopard untuk Kyiv

Namun dalam perkembangannya, Rusia justru mencaplok 4 wilayah Ukraina sekaligus yakni Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson.

Konflik yang terjadi di antara negara bertetangga itu, sampai saat ini terus berlanjut dan belum tampak tanda-tanda untuk segera berakhir.

Kabar Terbaru Perang Rusia vs Ukraina

Dilansir TribunGorontalo.com dari The Guardian, berikut sederet kejadian yang perlu diketahui pada hari ke-336 perang Rusia dengan Ukraina:

- Amerika Serikat tampaknya siap untuk memulai proses yang pada akhirnya akan mengirim lusinan tank tempur M1 Abrams ke Ukraina, lapor media AS.

Langkah ini sebagai pembalikan yang dapat memiliki implikasi signifikan terhadap upaya Ukraina untuk mengusir pasukan Rusia.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-332: Kian Dekat, Pasukan Putin Bersiap Rebut Kota Bakhmut

- Langkah AS itu juga mengikuti laporan pada Selasa (24/1/2023) bahwa Jerman telah menyerah pada tekanan internasional dan domestik yang besar serta akan mengumumkan bahwa mereka akan mengirim tank buatan Jerman ke Ukraina.

Ini juga memungkinkan negara lain untuk melakukan hal yang sama.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-331: 11 Negara NATO Janjikan Lebih Banyak Senjata untuk Kyiv

- Keputusan tersebut diperkirakan akan dibuat secara resmi pada hari Rabu dan Kanselir Jerman Olaf Scholz akan diinterogasi di Bundestag pada pagi hari dalam debat yang kemungkinan akan didominasi oleh keputusan tank.

- Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengaku yakin aliansinya akan segera menemukan solusi, setelah bertemu dengan Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius.

Halaman
123

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved