Perang Rusia Ukraina

Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-330: Zelensky Desak Sekutu Barat untuk Segera Pasok Tank

Kondisi terkini perang Rusia, Kamis (19/1/2023): Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky semakin mendesak sekutu Baratnya untuk memasok tank-tank canggih.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
Layanan Pers Kepresidenan Ukraina
Foto: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berkunjung ke kota selatan Mykolaiv, saat serangan Rusia di Ukraina berlanjut pada 18 Juni 2022. Kabar terbaru dalam perang Rusia vs Ukraina hari ke-330 pada Kamis (19/1/2023): Zelensky semakin menyerukan kepada sekutu Barat untuk memasok pasukan Ukraina dengan perlengkapan militer seperti tank-tank. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Perang yang terjadi di antara pasukan militer Rusia dengan Ukraina hingga hari ini, Kamis (19/1/2023) terhitung telah berlangsung 330 hari lamanya.

Kabar terbaru dalam perang Rusia adalah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky semakin menyerukan untuk dipasoknya tank-tank berat untuk pasukan militernya.

Presiden Rusia Vladimir Putin memulai invasinya ini sejak memerintahkan pasukan militernya untuk meluncurkan serangan berskala penuh ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022).

Invasi ini juga disebut Putin sebagai 'operasi militer khusus' untuk memberantas 'genosida' di Donbas, serta 'demiliterisasi' dan 'denazifikasi' Ukraina.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-329: 19 Orang Masih Hilang, Pencarian Korban Dnipro Dihentikan

Namun dalam perkembangannya, Rusia justru mencaplok 4 wilayah Ukraina sekaligus yakni Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson.

Konflik antar negara bertetangga itu, sampai saat ini masih berlanjut dan belum tampak tanda-tanda untuk segera berakhir.

Kabar Terbaru Perang Rusia vs Ukraina

Dilansir TribunGorontalo.com dari The Guardian, berikut sederet kejadian yang perlu diketahui pada hari ke-330 perang Rusia dengan Ukraina:

- Zelensky telah meningkatkan seruan agar tentara Ukraina dipasok dengan tank-tank berat dan mendesak "ketetapan hati dan kecepatan" pengambilan keputusan dari sekutu Barat.

Berpidato di pertemuan penuh sesak di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss melalui tautan video pada Rabu (18/1/2023), Zelensky memperingatkan bahwa "tirani melampaui demokrasi".

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-328: Lebih dari 7.000 Warga Sipil Tewas selama Invasi Putin

- Negara-negara NATO akan mengumumkan "senjata lebih berat" baru untuk Ukraina, kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg.

Banyak sekutu Ukraina akan bertemu pada Jumat (20/1/2023) di pangkalan militer Ramstein di Jerman, termasuk semua 30 anggota aliansi NATO.

“Pesan utamanya adalah akan ada lebih banyak dukungan dan dukungan yang lebih maju, senjata yang lebih berat, dan senjata yang lebih modern,” kata Stoltenberg.

Bulan ini Inggris menjanjikan tank berat Barat dan Amerika Serikat berjanji untuk mengirim kendaraan tempur lapis baja Bradley yang kuat, sementara Prancis menawarkan RC AMX-10 yang sangat mobile.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-327: 30 Korban Tewas Akibat Rudal Hantam Apartemen Dnipro

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved