Breaking News:

Perang Rusia Ukraina

Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-327: 30 Korban Tewas Akibat Rudal Hantam Apartemen Dnipro

Kondisi terkini perang, Senin (16/1/2023): jumlah korban tewas akibat serangan rudal Rusia yang hantam apartemen Dnipro, Ukraina bertambah menjadi 30.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
Facebook/General Staff of the Armed Forces of Ukraine
Apartemen di Kota Dnipro, Ukraina tampak hancur setelah dihantam rudal Rusia pada Sabtu (14/1/2023). Kabar terbaru dalam perang Rusia vs Ukraina hari ke-327 pada Senin (16/1/2023): jumlah korban tewas akibat serangan rudal Rusia di apartemen di Dnipro bertambah menjadi 30 jiwa, hingga Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim invasinya ke Ukraina berjalan sesuai rencana. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Perang di antara pasukan militer Rusia dengan Ukraina hingga hari ini, Sabtu (16/1/2023) telah berlangsung selama 327 hari.

Kabar terbaru dalam perang adalah jumlah korban tewas akibat serangan rudal Rusia di Kota Dnipro, Ukraina bertambah menjadi 30 jiwa, hingga Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim invasinya berkembang sesuai rencana.

Invasi ini dimulai Putin sejak memerintahkan pasukan militernya untuk meluncurkan serangan berskala penuh ke Ukraina pada Kamis (24/2/2022) lalu.

Putin juga menyebut invasinya itu sebagai 'operasi militer khusus' untuk memberantas 'genosida' di Donbas, serta 'demiliterisasi' dan 'denazifikasi' Ukraina.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-325: Cegah Kebocoran Nukli, IAEA akan Menetap di Ukraina

Tetapi seiring perkembangannya, Rusia justru mencaplok 4 wilayah Ukraina sekaligus yakni Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson.

Konflik yang terjadi di antara negara bertetangga itu, hingga kini terus berlanjut dan belum tampak tanda-tanda untuk segera berakhir.

Kabar Terbaru Perang Rusia vs Ukraina

Dilansir TribunGorontalo.com dari The Guardian, berikut sederet kejadian yang perlu diketahui pada hari ke-327 perang Rusia dengan Ukraina:

- Jumlah orang yang tewas dalam serangan rudal Rusia di blok perumahan di Dnipro telah meningkat menjadi 30 orang, menurut pejabat Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dalam pidato terbarunya bahwa "daftar korban tewas termasuk 30 orang, termasuk satu anak, seorang gadis, dia berusia 15 tahun".

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-324: Ratusan Warga Sipil Masih Terjebak di Kota Soledar

Sedikitnya 73 orang terluka dan 39 orang telah diselamatkan hingga Minggu (15/1/2023) sore waktu setempat.

Pemerintah Kota Dnipro mengatakan 43 orang masih dilaporkan hilang.

“Peluang untuk menyelamatkan orang sekarang sangat kecil,” kata Wali Kota Dnipro, Borys Filatov, kepada Reuters.

"Saya pikir jumlah yang meninggal akan mencapai lusinan.” imbuhnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved