Pemkot Gorontalo

Marten Taha Ultimatum Kontraktor dan PU, Minta Selesaiakan 2 Proyek Pemkot Gorontalo dalam 50 Hari

Dua proyek strategis itu yakni peningkatan mutu Jalan Nani Wartabone serta penataan kawasan pasar Kota Tua, Kota Gorontalo.

Penulis: Apris Nawu | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Apris Nawu
Potret proyek penataan kawasan Kota Tua Gorontalo, Rabu (12/10/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Hingga tahun 2022 berakhir, dua proyek strategis Pemerintah Kota Gorontalo, tidak juga rampung. Kini, masuk pertengahan Januari 2023, Marten Taha, Wali Kota Gorontalo terlihat gusar. 

Dua proyek strategis itu yakni peningkatan mutu Jalan Nani Wartabone serta penataan kawasan pasar Kota Tua, Kota Gorontalo. 

Wali Kota Gorontalo dua periode itu pun lantas mengundang rapat para pihak terkait, Rabu (4/1/2023) kemarin. Pertemuan berlangsung di ruang wali kota. Sejumlah proyek yang dibiayai dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dibahas dalam rapat itu. 

Tak sia-sia, rapat itu menghasilkan sejumlah strategi jitu yang dianggap dapat mempercepat penyelesaian proyek. 

Marten pun memberi batas waktu kepada kontraktor dan otoritas terkait, untuk segera mempercepat pengerjaan proyek. Paling lambat kata dia Februari 2023. 

Ia meminta agar dinas terkait yang bertanggung jawab terhadap proyek tersebut, menyiapkan segala hal yang dibutuhkan. 

“Masih ada perpanjangan pemberian kesempatan kepada kontraktor untuk segera menyelesaikan sampai waktu 50 hari," ucap marten.

Kata Marten, 50 hari kesempatan untuk penyelesaian proyek itu akan dihitung dari 9 Januari 2023. Artinya, akhir Februari 2023 harus sudah serah terima proyek ke pemerintah. 

“Saya targetkan paling lambat akhir Februari 2023 harus rampung seluruhnya terutama dua kawasan ini yaitu penataan pusat pertokoan dan pekerjaan jalan eks panjaitan” tegas Marten Taha.

Strateginya, kontraktor harus menambah jam kerja dan pekerja. Tentu, tanpa mengurangi kualitas pekerjaan. 

Tidak tinggal diam, pemerintah kata Marten tetap akan memberikan sanksi berupa denda kepada kontraktor yang dianggap tak ‘becus’ urus proyek tersebut.

Proyek Peningkatan Mutu Jalan Nani Wartabone eks Panjaitan

Kontraktor asal Jakarta, PT Cahaya Mitra Nusantara tercatat sebagai pemenang tender proyek Peningkatan Jalan Nani Wartabone di Kota Gorontalo. Perusahaan itu berkantor di Gedung Sinar Kasih Lantai 4 Jalan Dewi Sartika, nomor 136 D Cawang, Jakarta Timur, DKI Jakarta. 

Namun, dikutip dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Gorontalo, pemenang berkontrak adalah PT Mahardika Permata Mandiri, perusahaan yang berkantor di Jalan Medan Banda Aceh. Harga penawaran yang diajukan Rp 23,9 miliar. 

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved