Perang Rusia Ukraina

Serangan Drone Rusia Bertuliskan 'Selamat Tahun Baru' Tewaskan 4 Orang di Ukraina

Update perang hari ke-313 pada Senin, (2/1/2023): serangan drone Rusia selama malam tahun baru setidaknya tewaskan 4 orang di Ukraina.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
Layanan Pers Kepresidenan Ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat berkunjung ke Kota Mykolaiv pada 18 Juni 2022. Update perang Rusia vs Ukraina hari ke-313 pada Senin (2/1/2023) adalah serangan Rusia pada malam tahun baru di Ukraina, setidaknya tewaskan 4 orang dan lukai puluhan korban lainnya. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Serangan Rusia membuat Ukraina merasakan pilu saat pergantian tahun baru 2023 hingga menewaskan sejumlah orang.

Dilansir TribunGorontalo.com dari The Moscow Times, serangan Tahun Baru Rusia di Ukraina menyebabkan 4 orang tewas dan melukai puluhan orang akhir pekan ini.

Pasalnya, Rusia pada Minggu (1/1/2023) mengklaim telah menggagalkan "serangan teror" Ukraina di Tanah Airnya.

Ibu Kota Ukraina, Kyiv dan kota-kota lain mendapat kecaman dari rudal dan drone "kamikaze" buatan Iran pada Sabtu (31/12/2022) hingga menewaskan 3 orang.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-313: Ibu Kota Kyiv Diserang hingga 45 Drone Iran Dilumpuhkan

Setidaknya satu drone bertuliskan kata-kata Rusia "Selamat Tahun Baru" dengan warna merah, menurut gambar yang dirilis oleh otoritas Ukraina.

Serangan baru pada hari Minggu menewaskan 1 orang di wilayah selatan Zaporizhzhia, Ukraina dan melukai 3 lainnya, kata pihak berwenang.

Mykhailo Podolyak, Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menekankan bahwa serangan Tahun Baru Rusia menargetkan area pusat kota di kota-kota besar dan menunjuk pada perubahan taktik Moskow.

Baca juga: Update Perang: Waspadai Serangan Rusia di Malam Tahun Baru, Ukraina Perkuat Pertahanan Udara

"Rusia tidak lagi memiliki tujuan militer dan berusaha membunuh warga sipil sebanyak mungkin dan menghancurkan lebih banyak fasilitas sipil," cuitan Podolyak di Twitter.

"Perang untuk membunuh." imbuhnya.

Serangan itu terjadi saat invasi pasukan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Ukraina memasuki bulan ke-11, sejak perang dimulai pada 24 Februari 2022.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-311: Zelensky Klaim Pasukannya Buat Kemajuan Kecil di Donbas

Oleksandr Starukh, Gubernur wilayah Zaporizhzhia, mengatakan pada hari Minggu bahwa "'Salam Tahun Baru' dari Rusia tiba" di Kota Orikhiv pada siang hari.

Akibatnya, 1 orang tewas, dan 3 korban lainnya luka-luka.

Kyrylo Tymoshenko, Wakil Kepala Kantor Kepresidenan Ukraina, mengatakan 2 orang tewas di Kyiv dan wilayah selatan Kherson dan 50 lainnya cedera pada hari Sabtu.

Baca juga: Tolak 10 Poin Perdamaian Zelensky, Menlu Rusia Sergey Lavrov Sebut Presiden Ukraina Berilusi

Seorang wanita berusia 22 tahun terluka parah di kota barat Khmelnytskyi dan kemudian meninggal karena lukanya, kata sang Gubernur Serhiy Gamaliy.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved