Arti Kata

Apa Itu Rudal? Misil yang Dipakai Rusia untuk Hujani Ukraina hingga Akibatkan Krisis Energi

Ukraina dilanda krisis energi akibat infrastruktur pembangkit listriknya dihujani rudal Rusia dalam perang yang semakin panas ini, apa itu rudal?

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
AFP
Ilustrasi foto rudal UJI COBA - Korea Utara melakukan uji coba rudal anti-pesawat terbaru pada Kamis (30/9/2021). Adapun dalam perang Rusia vs Ukraina rudal juga digunakan. Dikabarkan bahwa Ukraina kini mengalami krisis energi karena dihujani puluhan rudal Rusia. Apa itu rudal? 

TRIBUNGORONTALO.COM - Pasukan militer Presiden Rusia Vladimir Putin semakin gencar meluncurkan rudal mereka untuk menggempur Ukraina dalam perang yang tak berkesudahan ini.

Dalam perkembangan dari perang yang dimulai Putin sejak 24 Februari 2022 lalu itu, Rusia baru-baru ini menghujani Ukraina dengan rudal.

Serangan rudal-rudal Rusia menghancurkan sekitar 40 persen infrastruktur pembangkit listrik Ukraina hingga harus bertahan di bawah krisis energi.

Baca juga: Apa Itu Drone Kamikaze? Pesawat Tanpa Awak Buatan Iran yang Dipakai Rusia untuk Serang Ukraina

Apa Itu Rudal?

Rudal merupakan akronim dari kata Peluru Kendali.

Baca juga: Update Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-252: Dilanda Krisis Energi, Zelensky Sambat ke Uni Eropa

Dilansir TribunGorontalo.com dari Encyclopedia Britannica, rudal atau misil adalah senjata berpeluncur roket yang dirancang untuk menghasilkan hulu ledak peledak dengan akurasi tinggi pada kecepatan tinggi.

Rudal bervariasi dari senjata taktis kecil yang efektif hingga hanya beberapa ratus kaki atau pun senjata strategis yang jauh lebih besar yang memiliki jangkauan beberapa ribu mil.

Hampir semua rudal mengandung beberapa bentuk mekanisme panduan dan kontrol dan oleh karena itu sering disebut sebagai peluru kendali.

Sebuah rudal militer terarah, serta setiap kendaraan peluncuran yang digunakan untuk membunyikan atmosfer atas atau menempatkan satelit di luar angkasa, biasanya disebut sebagai roket.

Baca juga: Apa Itu Fregat? Kapal Perang Utama Rusia yang Rusak Akibat Drone Ukraina hingga Bikin Putin Marah

Rudal bawah air yang digerakkan baling-baling disebut torpedo.

Sementara itu, peluru kendali yang digerakkan di sepanjang jalur penerbangan yang rendah dan rata oleh mesin jet yang bernapas di udara disebut rudal jelajah.

Jenis Rudal

Rudal berpemandu taktis umumnya dikategorikan menurut lokasi platform peluncuran dan target.

Baca juga: Rusia Klaim Perang di Ukraina Menuju Eskalasi Tak Terkendali, Apa Itu Eskalasi?

Ada lima jenis, air-to-air, air-to-surface, surface-to-air, antiship, dan antitank, atau assault.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved