Berita Populer Gorontalo

POPULER: AJI Gorontalo dan SIEJ Nobar Film Angin Timur; PLTU Molotabu Milik Sandiaga Uno Bangkrut

Jika tidak sempat membaca berita-berita ini kemarin, berikut kami rangkum kembali.

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com
Berita Populer Gorontalo. 

SEJUMLAH peristiwa bertengger sebagai TOP NEWS atau berita populer Gorontalo pada Kamis 20 Oktober 2022. Dari daftar berita populer itu, kami memilih lima berita teratas untuk disajikan kembali. 

Dari berita Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Gorontalo bersama SIEJ nonton bareng (nobar) film Angin Timur bersama warga pesisir Desa Botubarani, Rabu (19/10/2022) malam, hingga Nelayan di pesisir Leato, Kota Gorontalo kini mulai ramai dengan penangkapan Nike, ikan endemik dari larva Awaous sp. 

Jika tidak sempat membaca berita-berita ini kemarin, berikut kami rangkum kembali.

AJI Gorontalo dan SIEJ Nobar Film Angin Timur Bersama Warga Botubarani

Nobar Film Angin Timur di Desa Botubarani, Bone Bolango. Kegiatan digagas oleh AJI Gorontalo dan SIEJ.
Nobar Film Angin Timur di Desa Botubarani, Bone Bolango. Kegiatan digagas oleh AJI Gorontalo dan SIEJ.(TribunGorontalo.com)

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Gorontalo bersama SIEJ nonton bareng (nobar) film Angin Timur bersama warga pesisir Desa Botubarani, Rabu (19/10/2022) malam.  

Angin Timur adalah film kedua Ekspedisi Indonesia Baru (EIB), terdiri dari empat jurnalis, Dandhy Dwi Laksono, Farid Gaban, Yusuf Priambodo, dan Benaya Ryamizard Harobu.

Film ini berdurasi nyaris 2 jam. Memotret kisah pilu nelayan di pesisir Pulau Jawa, mulai dari Kulon Progo, Jogja; Karimun Jawa, Jawa Tengah; Trenggalek dan Banyuwangi, Jawa Timur.

“Film ini kami pikir relevan juga dengan apa yang dirasakan oleh masyarakat pesisir Bone Bolango, terutama warga Desa Botubarani,” ungkap Fraco Bravo Dengo, Sekretaris AJI Gorontalo

Film dibuka dengan adegan nelayan Gunung Kidul Jogja menimba ikan layang dan tuna dari dalam perut perahu. Adegan lalu berpindah ke Pantai Baru. Di lokasi ini, IED memotret kisah nelayan yang tak melaut dalam sebulan terakhir. 


Baca Selengkapnya

Musim Nike Gorontalo, Harga Rp 40 Ribu Per Kg

Potret ikan Nike Gorontalo di pesisir Leato, Kota Gorontalo.
Potret ikan Nike Gorontalo di pesisir Leato, Kota Gorontalo.(TribunGorontalo.com/Apris Nawu)

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Nelayan di pesisir Leato, Kota Gorontalo kini mulai ramai dengan penangkapan Nike, ikan endemik dari larva Awaous sp. 

Ramai-ramai penjual ikan nike musiman muncul. Di sepanjang jalan pesisir Leato, mereka berjejer. 

Harga berkisar di Rp 1 ribu per kaleng susu kental manis (SKM) dan Rp 40 ribu per kg. 

Ikan nike Gorontalo berukuran antara 1-3 cm. Kemunculannya yang hanya sekali setiap bulan, menjadikan ikan ini jadi incaran. 

Seorang penjual nike di pesisir Leato adalah Kifli, pria paruh baya. Saban hari, ia mampu menjual sekitar 30 kg atau omsetnya 1,2 juta per hari. 

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved