Berita Populer Gorontalo

POPULER: Kemenkes Larang Apotek di Gorontalo Jual Obat Sirup; Mahasiswa Riset Anime One Piece

Berita Populer Gorontalo -- Berikut sejumlah berita populer Gorontalo yang kami rangkum kembali.

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com
Kolase berita populer Gorontalo. 

Sejumlah peristiwa bertengger sebagai TOP NEWS atau berita populer Gorontalo pada Rabu 19 Oktober 2022. Dari daftar berita populer itu, kami memilih lima berita teratas untuk disajikan kembali. 

Lima berita itu misalnya soal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melarang penjualan obat jenis sirup di seluruh apotik di Indonesia, termasuk Gorontalo. Lalu ada seorang mahasiswa yang lulus kuliah dengan penelitian terkait anime One Piece

Jika tidak sempat membaca berita-berita ini kemarin, berikut kami rangkum kembali.

Breaking News: Kemenkes Larang Apotek di Gorontalo Jual Obat Sirup 

Ilustrasi obat sirup.
Ilustrasi obat sirup.(TribunGorontalo.com)

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melarang penjualan obat jenis sirup di seluruh apotik di Indonesia, termasuk Gorontalo. 

Larangan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor SR.01.05/III/3461/2022 tentang Kewajiban Penyelidikan Epidemiologi dan Pelaporan Kasus Gangguan Ginjal Akut Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) pada Anak.

Diketahui, Kemenkes terpaksa mengeluarkan instruksi tersebut lantaran merebaknya kasus gangguan ginjal akut misterius atau gangguan ginjal akut progresif atipikal yang menyerang anak-anak, umumnya balita.

"Seluruh apotek untuk sementara tidak menjual obat bebas dan/atau bebas terbatas dalam bentuk syrup kepada masyarakat sampai dilakukan pengumuman resmi dari Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," tulis instruksi tersebut dikutip dari Kompas.com, Rabu (19/10/2022).

Plt Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Murti Utami tertera sebagai pejabat yang bertanda tangan. Secara tegas ia meminta, nakes tidak meresepkan obat dalam belum cair untuk sementara waktu.


Baca Selengkapnya

Unik! Mahasiswa Ini Lulus Kuliah Setelah Riset Soal One Piece

Faldy Ekal Tappe, mahasiswa angkatan 2018 Program Studi Teologi, Fakultas Teologi Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja.
Faldy Ekal Tappe, mahasiswa angkatan 2018 Program Studi Teologi, Fakultas Teologi Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja.(TribunGorontalo.com)

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - One Piece rupanya tidak cuma sekadar tontonan. Seorang mahasiswa baru-baru ini membuktikan jika anime asal Jepang itu mampu membuatnya sukses raih sarjana. 

Ia adalah Faldy Ekal Tappe, mahasiswa angkatan 2018 Program Studi Teologi, Fakultas Teologi Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja. 

“Eklesiologi Trinitaris One Piece Telaah Terhadap Relasi Kelompok Bajak Laut Topi Jerami dalam Anime One Piece berdasarkan pemikiran John D Zizioulas dalam The One and The Many” adalah judul yang diambil oleh Faldy Ekal Tappe.

Faldy telah memaparkan penelitiannya tersebut di hadapan penguji. Beruntung, skripsi tersebut dianggap memenuhi syarat kelulusannya. Kajian dan penelitian Faldy dianggap baik. 

Dalam skripsinya, Faldy menjabarkan para tokoh one piece bertopi jerami sebagai kumpulan orang-orang dengan karakter berbeda dan keunikan masing-masing. 

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved