BBM dan Tarif Ojol Naik, Masyarakat Gorontalo Menjerit

Kenaikan harga diakui sejumlah warga Gorontalo, membuat pengeluaran mereka bertambah untuk menebus kebutuhan pokok maupun biaya transportasi. 

Penulis: Apris Nawu | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/free
Ilustrasi Ojol 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi dan tarif ojek online (ojol) dikeluhkan masyarakat Gorontalo. 

Sebab, kenaikan harga BBM dan tarif ojol berimbas pada kenaikan harga bahan pokok.  

Kenaikan harga diakui sejumlah warga Gorontalo, membuat pengeluaran mereka bertambah untuk menebus kebutuhan pokok maupun biaya transportasi. 

Sebagai catatan, kenaikan harga BBM sangat besar kontribusinya terhadap rantai pasok sejumlah bahan pokok dan komoditas yang diperlukan masyarakat.

Ulfa Tangahu (55), seorang penjual makanan di Pasar Tradisional Desa Gentuma, Kabupaten Gorontalo Utara, mulai merasakan dampak kenaikan berbagai harga. 

Menurutnya, pengeluarannya sekarang lebih banyak dibandingkan sebelum harga BBM dan tarif ojol naik.

Sebagai salah satu pengguna ojek online (ojol) di Gorontalo, kenaikan BBM yang berujung kenaikan tarif, membuat pengeluarannya bertambah. 

Mau tak mau ia lebih mengencangkan ikat pinggang. Ia pun berharap, inflasi di daerah tak naik lagi sehingga harga bisa kembali normal. Juga, tak ada lagi kenaikan tarif ojol.

“Saya jadi harus bekerja lebih keras agar semua keperluan sehari-hari bisa terpenuhi. Saya juga harus pintar putar otak untuk berhemat. Bayangkan saja, karena inflasi, kenaikan BBM dan tarif ojol, biasanya pengeluaran hanya sekitar 3 jutaan per bulan, sekarang mencapai 4 jutaan,’’ keluh Ulfa kepada wartawan, Rabu sore (21/9/2022).

Salah satu upaya penghematan yang dilakukan Ulfa adalah sebisa mungkin memilih naik angkutan umum ketimbang ojol. Ini menjadi bukti, ojol yang sudah menjadi kebutuhan konsumen masyarakat kelas bawah, bisa ditinggalkan jika tarifnya kembali naik.

Halaman
12
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved