Suciwati Sebut SBY dan Jokowi Tak Pernah Serius Usut Kasus Munir: Hanya Undang Kami Jelang Pemilu

Suciwati, istri aktivis HAM Munir Said Thalib, mengaku Presiden Republik Indonesia tidak pernah serius mengusut kasus pembunuhan suaminya.

Penulis: Fajri A. Kidjab | Editor: Fajri A. Kidjab

TRIBUNGORONTALO.COM - Suciwati, istri aktivis HAM Munir Said Thalib, mengaku Presiden Republik Indonesia tidak pernah serius mengusut kasus pembunuhan suaminya.

Suciwati mengaku tidak puas dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), presiden keenam Republik Indonesia, karena SBY tidak pernah secara resmi mengungkapkan hasil Tim Pencari Fakta (TPF) kasus Munir.

Selain itu, Suciwati begitu heran karena diundang hanya menjelang pemilu saja. Tak hanya SBY saja, namun sama begitu halnya Jokowi.

Istri Munir kala itu diundang SBY ke pertemuan di Istana, Rabu (26/3/2008), setahun sebelum pemilihan presiden 2009.

"Saya heran kenapa SBY baru mengadakan rapat ini sebelum pemilu. Apakah ini semacam tebar pesona untuk menaikkan masa jabatannya?" Suciwati membuat klaim ini, dalam buku "Mencintai Munir" yang diterbitkannya.

Para korban kejahatan HAM lainnya, seperti Teti, ibu yang anaknya tertembak mati dalam tragedi Trisakti, juga disambut dalam kesempatan itu, begitu pula keluarga dan sahabat mereka.

Berikutnya adalah Tirta, korban penembakan Tanjung Priok, Sumarsih dan Azhar dalam peristiwa Lampung Talangsari, korban kerusuhan Mei 1998, dan korban penghilangan paksa 1997-1998.

Saat itu, janji SBY menggiurkan. Suciwati mengingatkan SBY sangat jelas bahwa situasi pelanggaran HAM berat harus ditangani oleh Pengadilan HAM Ad Hoc.

“Yang melakukan kesalahan harus diberi sanksi yang setimpal. Hukumannya ringan bagi yang melakukan kesalahan kecil.

"Yang melakukan pelanggaran berat harus dihukum seberat-beratnya. Yang tidak bersalah tentu tidak dihukum," kata Suciwati menirukan perkataan SBY dikutip dari Kompas.com.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved