PLN Gorontalo

Pakai Kompor Listrik, Warga Gorontalo Kini Tak Takut Kehabisan Gas Elpiji

Salah satu kelebihan kompor induksi yang cukup populer yaitu, permukaan di sekitar kompor tetap dingin saat digunakan. 

Penulis: redaksi | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Wawan Akuba
Seorang warga Gorontalo tengah menggunakan kompor listrik atau kompor induksi. Penggunaan kompor ini dinilai efisien. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Kehabisan gas elpiji di tengah aktivitas memasak jadi momok untuk para ibu rumah tangga. Apalagi jika gas elpiji susah didapatkan. 

Ibu-ibu rumah tangga di Gorontalo misalnya, kerap mengaku trauma jika kehabisan gas elpiji. “Soalnya susah mo dapa (didapatkan) itu gas elpiji,” curhat Leni Abdullah, warga Kota Gorontalo, Senin (19/9/2022).

Beruntung, saat ini ada kompor listrik atau kompor induksi. Kompor induksi merupakan kompor yang menggunakan panas dari listrik sebagai sumber energi.

Menurut Leni, lebih baik ia mengeluarkan biaya untuk membeli barang yang memang tersedia, daripada mencari yang murah, tapi tidak tersedia. 

Seperti gas elpiji misalnya. Leni belum menghitung lebih murah pakai kompor listrik atau gas elpiji. 

Namun menurut dia, sudah pasti lebih hemat pakai kompor listrik. “Hematnya itu karena kita kan tidak perlu kesana-kemari cari gas. Saat ini kan susah,” ungkap Leni. 

Pemerintah Indonesia sebelumnya memang memberikan subsidi untuk gas elpiji sebagai bahan bakar. Namun saat ini, pemerintah merancang akan mengganti gas elpiji dengan kompor induksi

Dikutip dari laman Kompas.com yang tayang pada Rabu (14/9/2022) dijelaskan bahwa penggunaan kompor induksi dinilai dapat menghemat pengeluaran Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) hingga Rp 330 miliar per tahun. 

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Darmawan Prasodjo saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI pada Rabu (14/9/2022).

Penggunaan energi kompor induksi dinilai lebih hemat tetapi ada beberapa kelebihan dan kekurangan kompor induksi yang perlu dijadikan bahan pertimbangan sebelum menggunakannya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved