Perseteruan Bang Away Vs Pesulap Merah Disebut Lucu, Ferdian Setiadi: Sertifikat Kok Diributin

Polemik soal sertifikat ahli hipnotis Marcel Radhival alias Pesulap Merah yang dipermasalahkan Bang Away, Hipnoterapis Ferdian Setiadi beri tanggapan.

Penulis: Nina Yuniar | Editor: Ananda Putri Octaviani
Kolase YouTube Cumicumi | Instagram @ferdianssetiadi
Kolase Foto Dewan Kehormatan Etik Perkumpulan Komunitas Hipnotis Indonesia (PKHI) Ki Rawa Panggia alias Bang Away pada Kamis (8/9/2022) saat membongkar bukti dugaan bahwa perseteruan antara Pesulap Merah dengan Gus Samsudin hanya settingan hingga sebut sertifikat ahli hipnotis Marcel Radhival tak terdaftar di IBH (The Indonesian Board of Hypnotherapy). Hipnoterapis Ferdiansyah Setiadi Setiawan yang juga merupakan pengurus IBH lantas memberikan tanggapannya. 

TRIBUNGORONTALO.COM - Polemik keabsahan sertfikat ahli hipnotis Marcel Radhival alias Pesulap Merah ditertawakan Hipnoterapis Ferdiansyah Setiadi Setiawan.

Polemik ini bermula saat Dewan Kehormatan Etik Perkumpulan Komunitas Hipnotis Indonesia (PKHI) Ki Rawa Panggia alias Bang Away menyebut sertifikat ahli hipnotis yang selama ini dimiliki Pesulap Merah tak terdaftar di IBH (The Indonesian Board of Hypnotherapy).

Bang Away sendiri disebut-sebut adalah guru spiritual dari Pesulap Merah.

Adapun Ferdian yang juga merupakan pengurus dari IBH menanggapi perseteruan antara Pesulap Merah dengan Bang Away itu dengan gelak tawa.

Baca juga: Bang Away Sebut Pesulap Merah Beli Sertifikat Ahli Hipnotis dari IBH, Pengurus IBH Buka Suara

Menurut Ferdian, polemik sertifikat ahli hipnotis Pesulap Merah yang dipermasalahkan Bang Away itu adalah hal lucu.

"Lucu ya, ngapain sih ngeributin sertifikat. Sertifikat kok diributin," ujar Ferdian, Rabu (14/9/2022) seperti dilansir TribunGorontalo.com dari kanal YouTube Cumicumi.

Ferdian menjelaskan bahwa keabsahan sertifikat ahli hipnotis yang dimiliki Pesulap Merah dapat di cek melalui website resmi IBH yakni ibhcenter.org.

"Kalau memang dilihat keabsahannya tinggal cek di websitenya aja, ada apa enggak, ada ya sudah," terang Ferdian.

Baca juga: Susul Richard Lee, Pesulap Merah Bakal Dilaporkan ke Polisi soal Debus, Sandy Tumiwa: Lagi Disiapkan

"Terus kalau memang mau mempermasalahkan sejak kapan sertifikat itu diterbitkan, ya kalau mau nanya ke kita, ya kita mesti cek dulu," lanjutnya.

Ferdian juga mengatakan bahwa untuk mengetahui lebih detail terkait sumber penerbitan sertifikat Pesulap Merah, pengecekan harus dilakukan melalui database IBH yang tak dipublikasikan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved