Pemkot Gorontalo

Pengendalian Inflasi oleh Marten Taha Dipuji Airlangga: Terbaik Se-Sulawesi

Karena itu, kinerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Gorontalo di tangan Wali Kota Marten Taha, mendapat penghargaan ketiga kalinya. Bahkan,

Penulis: Apris Nawu | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/free
Marten mengungkapkan, pencapaian TPID Award yang diraih ketiga kalinya adalah bukti keuletan Pemkot Gorontalo dalam menjaga inflasi daerah agar kehidupan warga tetap sejahterah. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Pengendalian inflasi Kota Gorontalo oleh Wali Kota Marten Taha dipuji Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI.

Karena itu, kinerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Gorontalo di tangan Wali Kota Marten Taha, mendapat penghargaan ketiga kalinya. Bahkan, jadi terbaik Se-Sulawesi. 

Ini artinya, pada tahun 2022 ketiga kalinya secara berturut-turut, Walikota Gorontalo Marten Taha menerima penghargaan nasional atas kinerja TPID. 

Kiat dan kinerja TPID Kota Gorontalo dinilai ampuh mengatasi lonjakan inflasi daerah. Terlebih di tengah goyahnya perekonomian global akibat krisis energi, kerawanan pangan hingga munculnya pandemi Covid-19 yang melanda dunia selama tahun 2021.

Penghargaan prestisius ini diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto kepada Marten Taha dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi yang diselenggarakan Bank Indonesia di Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Menurut Marten Taha, tidak mungkin TPID Kota Gorontalo bisa meraih penghargaan tanpa inovasi. Sejumlah inovasi itu ia beberkan seperti menjaga ketersediaan pangan, khususnya di sektor perikanan.

Pada sektor perikanan, Pemkot Gorontalo mengimplementasikan gagasan keterpaduan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan perikanan budidaya yang dikemas lewat program Moheyinga To'ponula (M Top).

Dasar kegiatan tersebut yakni Perda Nomor 9/2019 yang antara lain berisi larangan kegiatan budidaya ikan sistem jaring apung di Danau Limboto.

"Ini ikut berguna menopang upaya pengendalian inflasi di Kota Gorontalo karena arah program Moheyinga To'ponula bertalian  dengan pangan strategis.

Tujuan program ini yakni menjaga pasokan ikan air tawar di pasar tradisional, menjaga kestabilan ikan pada umumnya, meningkatkan petani pembudidayaan ikan serta menjaga ketersediaan protein hewan bagi masyarakat," ujarnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved