Mengenal M Top dan 4K, Strategi Pemkot Gorontalo Tekan Inflasi

Tidak heran, berkat program tersebut, Pemkot Gorontalo berhasil dapat pujian dari pemerintah pusat. Tim Pengendali Inflasi Daerah

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/free
Berkat inovasi kreatif, Pemkot Gorontalo raih TPID Award. Tiga kali berturut-turut pula. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Setidaknya dua program yang jadi andalan Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo dalam menekan angka inflasi di Gorontalo. 

Dua program andalan Pemkot Gorontalo itu diberi nama Moheyinga Toponula (M Top) dan 4K; Ketersediaan pasokan, Kelancaran distribusi, Keterjangkauan harga, dan Koordinasi TPID.

Tidak heran, berkat program tersebut, Pemkot Gorontalo berhasil dapat pujian dari pemerintah pusat. Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Gorontalo raih TPID Award ke-3 berturut-turut. 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi yang diselenggarakan Bank Indonesia di Jakarta, Rabu (14/9/2022). 

Kata Marten Taha, penghargaan tak bisa diraih tanpa inovasi Pemkot Gorontalo. Sejumlah inovasi itu misalnya strategi menjaga ketersediaan pangan, khususnya dalam sektor perikanan. 

Inovasi Pemkot Gorontalo dalam sektor perikanan yakni Moheyinga Toponula (M Top). M Top adalah gagasan terpadu pemberdayaan masyarakat dalam mengelola perikanan budidaya.

"Ini ikut berguna menopang upaya pengendalian inflasi di Kota Gorontalo karena arah program Moheyinga Toponula bertalian  dengan pangan strategis.” kata Marten Taha. 

Tujuan M Top adalah menjaga pasokan ikan air tawar di pasar tradisional, menjaga kestabilan ikan pada umumnya, meningkatkan petani pembudidayaan ikan serta menjaga ketersediaan protein hewan bagi masyarakat.

Dalam perkembangannya saat ini, program MT Top diperkuat lagi dengan penambahan 24 unit bioflok yang dioperasikan di 17 titik di tiga kecamatan. 

Melalui teknologi Bioflok, warga dapat mendaur ulang limbah untuk dijadikan nutrisi bagi pakan ikan. Hasilnya pun, produksi ikan air tawar makin melonjak.

Halaman
12
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved