Capres 2024

PAN Incar Erick Thohir hingga Ganjar Pranowo, PPP Jagokan Sandiaga Uno: KIB di Ambang Pecah Kongsi

Indikasi pecah kongsi setelah Golkar menjagokan Airlangga Hartarto, PPP mengincar Sandiaga Uno, sedangkan PAN membidik Ganjar, Erick dan Anies.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Erick Thohir, Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno. Indikasi pecah kongsi setelah Partai Golkar menjagokan Ketua Umumnya Airlangga Hartarto, PPP mengincar Sandiaga Uno, sedangkan PAN membidik Ganjar Prabowo, Anies Baswedan, Erick Thohir dan Ridwan Kamil. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Partai Golkar, PPP dan PAN di ambang pecah kongsi.

Indikasi pecah kongsi setelah Partai Golkar menjagokan Ketua Umumnya Airlangga Hartarto, PPP mengincar Sandiaga Uno, sedangkan PAN membidik Ganjar Prabowo, Anies Baswedan, Erick Thohir dan Ridwan Kamil.

Jauh hari sebelumnya, para analisis politik memprediksikan KIB bakal bubar (pecah kongsi) menyusul berbagai kepentingan dari ketiga anggota partai (Golkar, PPP dan PAN).

Baca juga: Gerindra Jagokan Prabowo Subianto, PPP Buka Peluang Sandiaga Uno Menuju Pilpres 2024

Sejumlah nama tokoh digadang-gadang menjadi bakal calon presiden yang akan diusung oleh PAN.

Menurut Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto, nama-nama yang muncul itu ada yang merupakan menteri di pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin hingga kepala daerah yang pada saat ini masih menjabat.

"Yang banyak disebut seluruh daerah, kabupaten/kota dan provinsi itu ada namanya Ketua Umum Bang Zulkifli Hasan nomor satu, ketum PAN. Yang kedua ada Pak Erick thohir, ada Ganjar Pranowo, ada Anies Baswedan," ujar Yandri usai pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN 2022 di The Ritz Carlton, SCBD, Jakarta, Sabtu (27/8/2022).

"Ada RK (Ridwan Kamil), ada Khofifah, itu yang favorit-favorit itu. Nanti akan kita bahas siang, siapa yang akan disebutkan ketua umum PAN di Istora Senayan jam 20.00 WIB malam hari ini akan kita putuskan," lanjutnya.

Meski sudah ada nama-nama favorit, Yandri menuturkan PAN belum menentukan siapa nama capres terkuat yang akan diusung.

Baca juga: Diplomasi Ikan Patin, PPP Riau Dukung Sandiaga Uno Capres 2024

Sebab, saat ini masih dalam tahap pemberian rekomendasi.

Nantinya, nama-nama yang direkomendasikan pada Rakernas hari ini akan disampaikan kepada Zulhas untuk menentukan siapa pasangan capres dan cawapres yang akan didukung PAN.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved