17 Agustusan Gorontalo

Lagu Daerah Gorontalo Binte Biluhuta Dinyanyikan di Istana Negara pada HUT Ke-77 RI

Ada setidaknya 131 putra putri utusan dari 34 provinsi di Indonesia yang menyanyikan secara bersama-sama lagu Binte Biluhuta tersebut. 

Penulis: redaksi | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/free
Ada setidaknya 131 putra putri utusan dari 34 provinsi di Indonesia yang menyanyikan secara bersama-sama lagu Binte Biluhuta. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Lagu daerah Gorontalo Binte Biluhuta dinyanyikan di Istana Negara pada perayaan HUT Ke-77 RI, Rabu (17/8/2022). 

Lagu khas daerah yang menceritakan kuliner Gorontalo Binte Biluhuta dalam bahasa daerah itu, dinyanyikan oleh orkestra dan paduan suara nasional, Gita Bahana Nusantara. 

Ada setidaknya 131 putra putri utusan dari 34 provinsi di Indonesia yang menyanyikan secara bersama-sama lagu Binte Biluhuta tersebut. 

Konduktor bernama Natalia Karina memimpin lagu Binte Biluhuta yang dikemas dalam medley lagu daerah gubahan Purwacaraka.

Irama lagu Binte biluhuta terdengar indah karena dibawakan dengan memadukan orkestra dengan alat musik etnis rebana, gendang, seruling, dan sape. 

Medley lagu daerah jadinya memberi nuansa tentang keragaman budaya bangsa namun tetap satu, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Binte Biluhuta adalah kuliner Gorontalo yang pada beberapa tahun lalu ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia. 

Kuliner ini berjenis sup yang bahan utamanya adalah jagung muda manis. Biasanya, ditambahkan ikan cakalang serta kelapa parut. 

Rasa Binte Biluhuta semakin khas ketika ditambah dengan sayur-sayuran dan rempah khas Gorontalo. 

Berikut lirik lagu daerah Gorontalo Binte Biluhuta:

Binte biluhuta ula-ulau loduwo

Wanu olamita ngo indha mopulito

Binte biluhuta malo sambe lolowo

Malita dadata ora sawa toho woto

Monga Binte Binte biluhuta timi idu bele dilata moto lawa

Monga Binte Binte biluhuta timi idu bele dilata moto lawa

Binte biluhuta diyalu tou wewo

Binte biluhuta deboto Hulondalo

(*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved