Pilpres 2024

Tidak Ada Deklarasi Prabowo Subianto-Muhaimin: Gerindra-PKB Resmi Berkoalisi

Tidak ada deklarasi Prabowo Subianto-Muhaimin saat Gerindra-PKB resmi berkoalisi untuk Pilpres 2024.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Jajaran pimpinan Partai Gerindra dan PKB bergandengan tangan pasca penandatanganan piagam deklarasi koalisi di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). Tidak ada deklarasi calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) saat penandatangan koalisi Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) oleh Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Bogor - Tidak ada deklarasi calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) saat penandatangan koalisi Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) oleh Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar.

Padahal sebelumnya, Prabowo Subianto di hadapan kader Gerindra telah menyatakan siap maju ketiga kali capres.

Pada piagam deklarasi Gerindra-PKB hanya disebut pasangan capres-cawapres nanti akan ditentukan oleh Prabowo Subianto dan Muhaimin.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin menandatangani piagam deklarasi koalisi.

Kedua partai politik (parpol) tersebut secara resmi telah menjadi koalisi untuk menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Penandatanganan berlangsung di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022).

Hasil Pemilu 2019, Gerindra memperoleh 78 kursi di DPR RI. Sementara PKB punya 58 kursi parlemen. Total kedua parpol ini memiliki 136 kursi parlemen atau 23,65 persen.

Artinya, koalisi Gerindra-PKB sudah dapat mengusung pasangan capres-cawapres, melawati presidential threshold (ambang batas mengusung capres-cawapres) 20 persen.

Setelah proses penandatanganan selesai, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid bergantian membacakan beberapa poin piagam deklarasi koalisi salah satunya soal penentuan calon presiden dan calon wakil presiden (cawapres).

“Capres dan cawapres oleh kerja sama PKB dan Gerindra akan ditentukan secara bersama-sama oleh Ketua Dewan Pembina atau Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar,” papar Dasco.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved