Ismail Madjid Minta OPD Jadi Contoh Penerapan Germas ke Masyarakat

Program Germas adalah upaya mengangkat derajat kesehatan masyarakat. Karena jika masyarakat sehat, maka Kota Gorontalo bisa maju. 

Penulis: Apris Nawu | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com
Program Germas adalah upaya mengangkat derajat kesehatan masyarakat. Karena jika masyarakat sehat, maka Kota Gorontalo bisa maju. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, Ismail Madjid meminta organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayah itu untuk mencontohkan penerapan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Sebab menurutnya, program Germas adalah upaya mengangkat derajat kesehatan masyarakat. Karena jika masyarakat sehat, maka Kota Gorontalo bisa maju. 

Apalagi, urusan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat menjadi program prioritas di Kota Gorontalo.

Karena itu, OPD mestinya menjadi teladan untuk mengimplementasikan penerapan Germas di Gorontalo. 

Ia menjelaskan, setiap tahun ada evaluasi terkait implementasi Germas. Implementasi ini katanya penting agar kendala penerapannya dapat dicarikan solusinya. 

Dilansir dari promkes.kemkes.go.id, terdapat tujuh langkah penting untuk menjalankan Germas

Tujuh langkah ini merupakan bagian penting dari pembiasaan pola hidup sehat dalam masyarakat guna mencegah berbagai masalah kesehatan yang berisiko dialami oleh masyarakat Indonesia. 

Tujuh langkah itu yakni melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, melakukan cek kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban. 

“Tujuh pilar tersebut wajib dicontohkan setiap OPD lebih-lebih Dinas Kesehatan kepada masyarakat di lingkungan terdekatnya, sebagai bentuk tanggung jawab terhadap implementasi Germas.” tutup Ismail dalam pertemuan koordinasi advokasi dan pendampingan dalam rangka penerapan germas di semua tatanan tingkat Kota Gorontalo di Hotel Grand Q, Selasa (9/8/2022). adv (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved