Pemilu 2024

PDIP Mendaftar Pertama ke KPU Senin Besok, Survei: Hanya 8 Parpol Lolos ke Senayan

Dari hasil survei, hanya 8 partai politik yang lolos parlement threshold (ambang batas parlemen) 4 persen.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, massa PDIP dan Sekjen PDIP Hasto Kristyanto. Dari hasil survei, hanya 8 partai politik yang lolos parlement threshold (ambang batas parlemen) 4 persen. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI membuka mendaftaran calon peserta Pemilu 2024 pada Senin 1 Agustus 2022 besok. Dari hasil survei, hanya 8 partai politik yang lolos parlement threshold (ambang batas parlemen) 4 persen.

Ada PDIP, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, PKB, PKS dan Partai Nasdem. Mengacuh hasil survei Politika Research & Consulting (PRC) Juni 2022, hanya 8 partai tersebut diperkirakan tembus ke Senayan, DPR RI.

Dewan Pimpinan Pusat PDI-P mengonfirmasi bahwa mereka akan mendaftarkan diri pada Senin besok pagi. Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan akan menjadi partai pertama yang mendaftarkan ke KPU RI.

Baca juga: Jumlah Potensial 41 Persen: Mengenal Generasi Z Pendukung Utama PDIP-Gerindra

Hasto dan Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto bakal hadir di KPU.

"KPU buka jam 08.00 WIB. Jam 08.00 WIB tepat yang pertama,” kata Hasto dalam acara Proses Kirim Data dan Dokumen Calon Peserta Pemilu 2024 pada Sipol KPU RI di kantor DPP PDI-P, Jakarta, Minggu (31/7/2022).

Menurut dia, kehadiran PDI-P sebagai partai pertama merupakan instruksi dari Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

“Sebagai komitmen bagaimana PDI Perjuangan betul-betul konsisten dalam mengikuti seluruh tahapan pemilu tersebut, maka kami diperintahkan untuk yang menjadi pertama,” ungkap Hasto.

Hasto menambahkan, jajarannya akan berjalan kaki dari Kantor DPP PDI-P menuju Kantor KPU yang lokasinya berjarak 1,6 kilometer.

Sebelas parpol rencananya mendaftarkan pada hari pertama pendaftaran. Jumlah ini bertambah dua dibandingkan informasi sebelumnya.

Baca juga: Tak Lolos PT: PDIP Kuasai Jawa-Kalimantan-Bali, Gerindra Menang di Sumatera-Sulawesi-Papua

Dua partai teranyar yang mengonfirmasi akan mendaftar besok yaitu Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved