Pilpres 2024

Pengamat Politik dari IAIN Gorontalo Beberkan Keunggulan Anies-AHY

IAIN Gorontalo Hendra Yasin beberkan keunggulan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) punya peluang besar menangkan Pilpres 2024.

Penulis: Risman Taharuddin | Editor: lodie tombeg
TribunGorontalo.com/Risman Taharuddin
Pengamat politik dari Pusat Studi Sosial dan Politik (PUSPOL) FUD IAIN Gorontalo Hendra Yasin. Dia beberkan keunggulan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang punya peluang besar menangkan Pilpres 2024. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Pengamat politik dari Pusat Studi Sosial dan Politik (PUSPOL) FUD IAIN Gorontalo Hendra Yasin beberkan keunggulan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang punya peluang besar menangkan Pilpres 2024.

Anies-AHY punya kekuatan di Jawa Timur, Jawa Tengah dan DKI Jakarta. Susilo Bambang Yudhoyono, ayah AHY asal Pacitan Jawa Timur. Anies dari Yogyakarja wilayah Jawa Tengah yang menjadi Gubernur Jakarta. 

Pasangan Anies-AHY juga gabungan dari politikus berlatar belakang sipil militer, ditambah keduanya memiliki elektabilitas tertinggi pada beberapa survei capres-cawapres.

Menurut Hendra Yasin, soal duet Anies-AHY ini sudah mencuat beberapa bulan yang lalu, jika ditanya soal kekuatan, tentu pasangan ini kuat untuk menuju Pilpres 2024.

Jika melihat elektoralnya, pemilihnya berbeda. Semisal AHY ceruk pemilihnya basis Jawa Timur karena SBY berasal dari Pacitan, terlebih untuk Anies yang juga dari Yogyakarta kemudian Gubernur DKI serta ceruk pemilihnya Jateng.

Sebenarnya pada satu sisi keduanya saling melengkapi. Semisal Anies yang sekarang berlatar belakang kepala daerah dan AHY adalah politisi yang pensiunan militer. Atau bisa dikata pasangan sipil-militer.

Dalam beberapa survei nasional yang dirilis, nama ini muncul. Namun dengan melihat pilpres yang masih cukup panjang tentu sangat berpengaruh juga tentang elektabilitas dan sangat berpotensi kekuatan secara elektoral untuk maju dalam Pilpres 2024.

Duet antara Anies-AHY ini menjadi satu pasangan yang sangat strategis bisa dilihat dari sisi latar belakang, dimana pasangan ini mengamankan wilayah Jawa senisalnya melalui Anies ia bisa mengamankan DKI kurang lebih Jateng DI dan AHY berasal dari Jawa Timur sehingga bisa mengamankan dari wilayah tersebut.

Apalagi jika bicara ceruk pemilih yang agak ke kanan semisalnya yang sering di kenal dengan politik identiras tentu pasangan ini sangat kuat contoh Islamnya di wilayah tersebut cukup kuat.

Kata Hendra Yasin yang juga alumni Universitas Gajah Mada itu, kekuatan tidak hanya lahir dari ceruk pemilih melainkan orang yang berada di belakang dari figur Anies ini.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved