Pilpres 2024 Gorontalo

Bone Bolango Potensi Jadi Basis Elektoral Anies-AHY di Gorontalo

Kabupaten Bone Bolango berpotensi menjadi basis suasa pendukung Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Pilpres 2024 di Provinsi Gorontalo.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Bendera Partai Nasdem, PKS dan Partai Demokrat. Kabupaten Bone Bolango berpotensi menjadi basis suasa pendukung Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Pilpres 2024 di Provinsi Gorontalo. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Kabupaten Bone Bolango berpotensi menjadi basis suasa pendukung Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Pilpres 2024 di Provinsi Gorontalo.

Elektoral partai politik pendukung (Anies-AHY), Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrat di Bone Bolango mencapai 44 persen (11 dari 25 kursi DPRD) pada Pemilu 2019.

Urutan potensi elektoral Anies-AHY berikutnya masing-masing Kabupaten Gorontalo 31,42 persen, Gorontalo Utara dan Boalemo 24 persen, Kota Gorontalo 16 persen dan Pohuwato 12 persen.

Empat poros koalisi Pilpres 2024 terbuka lebar. Poros terakhir Nasdem, PKS dan Demokrat.

Koalisi (poros) keempat ini bakal mengusung Anies-AHY.

Hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) menemukan elektabilitas Anies-AHY paling tinggi, yakni 34,72 persen dari jawara capres-cawapres yang menguat dari empat poros.

Sebelumnya telah dibentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dari Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang menjadikan Airlangga sebagai capres.

Kemudian Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa yang bakal mengusung Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar.

Dan PDIP yang dapat mengusung sendiri capres-cawapres. PDIP menjagokan Puan Maharani-Ganjar Pranowo.

Kerja sama politik yang sering disebut Koalisi Semut Merah ini juga punya modal elektoral 28,43 persen, sesuai perohan kursi DPR RI pada Pemilu 2019.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved