Gelombang Laut

Gorontalo-Sulut-Sulteng-Malut Waspadai Gelombang Tinggi hingga 2,5 Meter

Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara perlu waspada gelombang hingga 2,5 meter.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Ilustrasi gelombang menghantam pesisir pantai. Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara perlu waspada gelombang hingga 2,5 meter. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Masyarakat Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara yang beraktivitas di kawasan perairan Laut Maluku, Halmahera, Talaud dan Teluk Tomini perlu waspada gelombang hingga 2,5 meter.

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi mencapai 4 meter berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia termasuk kawasan Teluk Tomini (wilayah Gorontalo, Sulut, Sulteng, Malut) pada 20-21 Juli 2022.

Untuk Perairan Kepulauan Talaud, Perairan Halmahera dan Laut Halmahera termasuk Teluk Tomini berpotensi terjadi gelombang hingga 2,5 meter.

Perahu nelayan, kapal tongkang dan ferry perlu mewaspadai kecepatan angin lebih dari 15-21 knot dan tinggi gelombang di atas di atas 2,5 meter.

Terpantau pola angin di wilayah Indonesia bagian utara yang dominan bergerak dari selatan-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Adapun kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Kepulauan Sermata-Kepulauan Tanimbar, Laut Banda bagian barat daya, perairan utara Pulau Biak, dan Samudra Pasifik Utara Pulau Biak. Kondisi-kondisi tersebut menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang hingga setinggi 4 meter. 

Beberapa wilayah perairan Indonesia yang berpotensi mengalami gelombang setinggi 1,25-2,5 meter meliputi:

Selat Malaka bagian utara

Selat Karimata

Laut Jawa

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved