Capres 2024

Elektabilitas Prabowo Turun Hampir 7 Persen dalam Enam Bulan Terakhir

Elektabilitas Prabowo Subianto terjun bebas. Enam bulan terakhir (Januari-Juni 2022), elektabilitas Menteri Pertahanan itu turun hampir 7 persen.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Prabowo Subianto. Elektabilitas Prabowo terjun bebas. Dalam enam bulan terakhir (Januari-Juni 2022), elektabilitas Menteri Pertahanan itu turun hampir 7 persen (6,91 persen). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Tingkat keterpilihan atau elektabilitas Prabowo Subianto terjun bebas. Dalam enam bulan terakhir (Januari-Juni 2022), elektabilitas Menteri Pertahanan itu turun hampir 7 persen (6,91 persen).

Penurunan elektabilitas Prabowo adalah hasil jajak pendapat Lembaga Indopol Survey & Consulting yang dirilis Jumat (15/7/2022). Tren penurunan elektabilitas Prabowo, sebelumnya terbaca dari data survei Litbang Kompas.

Temuan Litbang Kompas, elektabilitas Prabowo pada Januari 2022 (26,5 persen). Sedangkan pada Juni 2022 tinggal 25,3 persen.

Hasil survei Lembaga Indopol Survey & Consulting mengungkapkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi teratas elektabilitas calon presiden (capres) pada kategori 16 nama.

Dalam survei itu, Ganjar mendapatkan angka 24,55 persen responden yang memilihnya sebagai capres untuk Pemilu 2024.

"Ganjar Pranowo di urutan pertama memperoleh angka 24,55 persen, Anies Baswedan di angka 20,41 persen," kata Direktur Eksekutif Indopol Survey, Ratno Sulistiyanto dalam tayangan YouTube Indopol Survey Channel, Jumat (15/7/2022).

Ratno mengatakan, di posisi ketiga ada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan angka 11,63 persen.

Setelah Prabowo, ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menempati posisi keempat dengan angka 10,98 persen. Di posisi lima ada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan elektabilitas 3,01 persen.

Lalu pada posisi enam ada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa 2,76 persen. Kemudian posisi tujuh yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan 2,20 persen.

Posisi delapan yaitu Ketua DPR Puan Maharani dengan 1,63 persen. Lebih lanjut, untuk survei tren tokoh nasional yang layak menjadi pemimpin nasional pada pertanyaan terbuka atau top of mind juga diduduki Ganjar dengan posisi teratas.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved