Pilpres 2024

Mengukur Peluang Puan Maharani ke Panggung Pilpres: Begini Kata Pengamat

Elektabilitas Puan Maharani berpotensi naik dengan rajin mengunjungi daerah belakangan ini. Puan pun makin berpeluang ke panggung Pilpres 2024.

Editor: lodie tombeg
Kolase TribunGorontalo.com
Puan Maharani. Elektabilitas Puan berpotensi naik dengan rajin mengunjungi daerah belakangan ini. Puan pun makin berpeluang ke panggung Pilpres 2024. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Elektabilitas Puan Maharani berpotensi naik dengan rajin mengunjungi daerah belakangan ini. Puan pun makin berpeluang ke panggung Pilpres 2024.

Puan memang ditugaskan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berkeliling untuk jalin komunikasi dan kerja sama termasuk dengan parpol lain untuk maju pilpres.

Tugas keliling daerah Puan semacam sinyal rekomendasi calon presiden untuk dilihat respons publik di Indonesia. Jika positif, peluang Puan ke panggung pilpres kian terbuka.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah berpandangan bahwa kunjungan politik Ketua DPP PDIP Puan Maharani ke sejumlah daerah beberapa waktu lalu bisa meningkatkan elektabilitasnya.

Menurutnya, kunjungan tersebut bisa berdampak positif untuk Puan. "Jika membaca tren elektabilitas Puan, ada peluang akan berdampak baik, terlebih saat kunjungan terdengar dukungan publik bahkan soal Capres pada Puan. Itu cukup membuat Puan punya tambahan kepercayaan diri berada di ruang kandidasi Capres 2024," kata Dedi saat dihubungi Kompas.com, Senin (11/7/2022).

Dedi menuturkan, elektabilitas juga berpeluang meningkat karena anggapan publik bahwa Puan menjalankan perintah partai.

Publik, kata Dedi, akan menilai bahwa Puan sedang menjalankan perintah Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

"Safari politik Puan sejalan dengan tugas khusus dari Megawati dan sebagai elite partai politik itu tidak keliru," ujarnya.

Di sisi lain, ia menilai wajar Puan melakukan kunjungan ke sejumlah daerah karena merupakan pejabat atau tokoh politik.

"Sebagai pejabat politik memang seharusnya (Puan) lakukan safari politik itu," imbuh dia. Lebih jauh, Dedi berpandangan bahwa elektabilitas Puan akan sejalan dengan loyalitas pemilih PDI-P.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved