Teknologi Makin Pesat, Bocah Kelurahan Tenilo-Gorontalo Lestarikan Permainan Bola Neka

Teknologi yang semakin pesat di tengah era gadget seperti sekarang, beberapa bocah di Kelurahan Tenilo masih melestarikan permainan 'Bola Neka'.

TribunGorontalo.com
Taufik Aliwu dan teman-temannya tengah asyik bermain bola neka di pekarangan rumah 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Teknologi yang semakin pesat di tengah era gadget seperti sekarang, beberapa bocah di Kelurahan Tenilo masih melestarikan permainan 'Bola Neka'.

Bocah-bocah yang berada di Jalan Anoa, Kelurahan Tenilo, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo itu asyik memainkan bola neka di pekarangan rumah.

Diketahui bola neka merupakan permainan tradisional yang kerap dimainkan di Gorontalo. Permainan bola neka mirip dengan permainan kelereng.

Jumlah pemain yang bisa memainkan permainan ini berjumlah dua orang, dan bisa juga dimainkan dengan empat orang.

Seorang dari Bocah yang bermain Neka itu mengaku kepada Tribun Gorontalo, permainan tersebut masih diminati oleh mereka, Selasa (28/6/2022).

"Daripada torang tidak ada kerjaan di rumah, jadi torang barmain," ungkap Taufik Aliwu (9) dengan dialek Gorontalo-nya.

Taufik mengatakan, permainan bola neka tersebut mengisi waktu luang mereka, jika mereka tidak ada tugas rumah. Mereka lebih memilih bermain bersama dari pada bermain gadget dengan sendirinya.

Terpantau empat orang anak sedang bermain bola neka tersebut, mereka adalah Umar Al-Hasni (9), Alif Beiki (9), Linda Beiki (16), dan Taufik Aliwu (9).

Rata-rata bocah tersebut masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD) Kelas empat.

Biasanya para Bocah ini akan berkumpul selepas pulang sekolah, setelah mengganti pakaian sekolah dan makan siang, keempat anak-anak yang tinggal bertetangga ini akan mulai bermain bola neka. (*)

"Tidak mo gaga dia kalau barmain ampa orang dengan sandiri-sandiri, jadi harus mo baku pasang," tegas Taufik ketika menjelaskan permainan Neka dengan jumlah empat orang. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved