Konvoi Motor Listrik Ala PLN untuk Kampanye Kendaraan Ramah Lingkungan

Parade ini menjadi showcase Indonesia dalam forum Energy Transitions Working Group #2 (ETWG) G20 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat

Penulis: redaksi | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Ist
PT PLN (Persero) bersama Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar parade motor listrik yang diikuti oleh seluruh stakeholder 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Kampanye kendaraan ramah lingkungan dilakukan PLN dengan cara berbeda. Kali ini, pihaknya mengajak Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) konvoi motor listrik. 

Parade ini menjadi showcase Indonesia dalam forum Energy Transitions Working Group #2 (ETWG) G20 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat (24/6).

Hadir dalam kegiatan tersebut Menteri ESDM, Arifin Tasrif, Gubernur Provinsi NTT, Viktor Laiskodat, Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, serta stakeholders di Kementerian ESDM, Pemprov NTT, dan Kabupaten Manggarai Barat.

Berkeliling Labuan Bajo, memberikan pengalaman bagi para stakeholders merasakan motor listrik hasil inovasi anak bangsa, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan motor listrik.

Apalagi, saat ini Labuan Bajo adalah Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang ke depan dianjurkan pemerintah untuk menggunakan kendaraan modern yang ramah lingkungan.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, penggunaan motor listrik merupakan salah satu bentuk showcase untuk mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Hal ini sejalan dengan komitmen Indonesia sebagai tuan rumah Presidency G20 dalam menginisiasi peralihan dari energi fosil berbasis impor menjadi energi baru terbarukan berbasis domestik yang lebih murah dan ramah lingkungan.

”Alhamdulillah tur motor listrik berjalan dengan lancar. Motornya sangat efisien, karena menggunakan listrik, biaya hanya sepertiganya saja. Jadi operasionalnya menurun drastis,” ujarnya.

Tak hanya lebih efisien, Darmawan menegaskan, penggunaan motor listrik juga dapat menurunkan emisi CO2 secara signifikan, sekitar 50 persen.

Dan emisi itu pun terkonsentrasi di lokasi pembangkit PLN saja, jadi tidak ada polusi di jalanan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved