Terima Akta Kelahiran dan KK Gratis, Samsudin Marhaban: Ini Sangat Membantu

Samsudin Marhaban(26) dan Serlin Latif (27) menerima Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) secara gratis dari Puskesmas Kota Selatan

TribunGorontalo.com
Samsudin Marhaban dan istrinya mengaku sangat terbantu dengan adanya program inovasi yang telah di buat oleh Puskesmas Kota Selatan, Kota Gorontalo. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Warga Kelurahan Biawu, Samsudin Marhaban (26) dan Serlin Latif (27) menerima akta lahir dan Kartu Keluarga (KK) secara gratis dari Puskesmas Kota Selatan, Jumat (24/6/2022).

Samsudin Marhaban mengaku sangat terbantu dengan adanya program inovasi yang telah di buat oleh Puskesmas Kota Selatan, Kota Gorontalo.

"Saya sangat berterima kasih kepada pihak Puskesmas telah mengurus data kependudukan kami, dan ini sangat membantu," ungkap Samsudin Marhaban, kepada TribunGorontalo.com di Puskesmas Kota Selatan.

Menurutnya, program yang dilakukan oleh Puskesmas tersebut memiliki nilai kemanusiaan.

Ia mengaku, setelah proses persalinan isterinya, mereka akan sibuk menjaga si buah hati. Sehingga bisa jadi akan melupakan hal pengurusan data kependudukan.

Menurut Pria kelahiran 1996 tersebut, pengurusan data kependudukan di Disdukcapil memakan biaya lagi.

"Kalau mo ba urus di Dukcapil, torang kan mo nae kasana kendaraan. Jadi biaya bensin mo ta kaluar lagi," lanjut Samsudin dengan dialek Gorontalo.

Anak yang dilahirkan oleh Serlin Latif Isteri dari Samsudin Marhaban tersebut lahir di pukul 18.30 Wita tadi malam dan memiliki berat 4 Kilogram dan tinggi 50 Centi Meter.

Di samping itu program inovasi ini menurut Kepala Puskesmas, berawal dari ide para Bidan yang berada di Puskesmas Kota Selatan.

"Program ini dari ide para bidan kami, yang di koordinir oleh ibu Maruwaty Rauf, maka dari itu saya langsung menggandeng stake holder terkait, dan itu mendapatkan antusias lebih dari pihak tersebut, ujar Abdul Thaif Hamzah Kepala Puskesmas Kota Selatan.

Menurutnya program yang dibuat ini sangat didukung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Camat Kota Selatan.

Baca juga: Mudahkan Masyarakat Gorontalo, Puskesmas Kota Selatan Beri Akta Kelahiran dan KK Gratis

Selain itu pihak LSM, Lurah, dan Karang Taruna juga turut antusias dengan diadakannya program inovasi yang dibuat oleh Puskesmas bagian selatan kota tersebut.

Adapun tagline dari program inovasi ini adalah Cinta Kasih.

Dalam artian, mencegah Kematian Ibu dan Neonatal Dengan Pantau Ketat Kesehatan Ibu Semasa Hamil. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved