Tingkatkan Penanganan Limbah, Dinas Perikanan Kabupaten Bone Bolango Gandeng UNUGO

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bone Bolango Sugondo Makmur mengatakan, pihaknya sangat bangga bisa melakukan kerja sama dengan kampus UNUGO.

Penulis: Apris Nawu | Editor: Fajri A. Kidjab
TribunGorontalo.com/ ist
Dinas Perikanan Kabupaten Bone Bolango Bangun Kerja Sama Dengan Kampus UNUGO 

TRIBUNGORONTALO.COM, Suwawa- Pemerintah Kabupaten Bone Bolango melalui Dinas Perikanan Kabupaten Bone Bolango resmi membangun kerja sama dengan Fakultas Maritim, Perikanan dan Kehutanan Universitas Nahdhatul Ulama Gorontalo (UNUGO).

Dalam kerja sama ini, tertuang naskah Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang di tanda tangani oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bone Bolango, Sugondo Makmur, dan Dekan Fakultas Maritim, Perikanan dan Kehutanan Universitas Nahdhatul Ulama Gorontalo, Supriatna. bertempat di Gedung PPI Inengo, Jumat (17/06/2022).

Kepada Tribungorontalo.com, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bone Bolango Sugondo Makmur mengatakan, pihaknya sangat bangga bisa melakukan kerja sama dengan kampus UNUGO.

"Ini awal mula saya menjadi Kadis Perikanan, dan alhamdulilah sudah ada Kampus UNUGO mau bangun kerjasama dengan Dinas Perikanan," tutur Sugondo.

"Kami sangat bangga bisa kerja sama dengan perguruan tinggi seperti UNUGO," kata dia.

Rektor Universitas Nahdatul Ulama Gorontalo Ridwan Tohopi mengungkapkan, bahwa kerja sama tersebut terkait dengan pemanfaatan limbah ikan.

“Jadi ini terkait dengan penanganan limbah atau bangkai ikan yang rusak yang kadang limbah ikan itu hanya terbuang begitu saja padahal bisa dimanfaatkan diolah menjadi pakan atau kerupuk ikan," kata Ridwan.

Dia mengungkapkan, bahwa kerja sama ini merupakan tindak lanjut MOU antara Rektor UNUGO dengan Bupati Bone Bolango.

Sebagaimana tertuang dalam naskah Perjanjian Kerja Sama bahwa landasan ini didasarkan Nota Kesepakatan Bersama antara Rektor UNUGO.

Ini tertuang dalam surat: Nomor 407.A/KS.01.13/UNU.G/IX/2021 dengan Bupati Kabupaten Bone Bolango Nomor 180/KB/22/HKM-KS/IX/2021, tentang pengembangan sumber daya manusia, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan pembangunan fakultas kedokteran hewan.

Sugundo Makmur tujuan diadakannya Kerjasama ini adalah selain untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM), juga tindak lanjut pemanfaatan teknologi terapan bidang perikanan dan pemanfaatan sarana dan prasarana TPI Inengo dan pemberdayaan masyarakat pesisir melalui program pelatihan pengolahan dan pembuatan pakan ikan. (*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved