Rakernas Nasdem

Kader Nasdem di Daerah Usulkan Anes-Ganjar Maju Capres 2024 saat Rakernas

Usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai figur calon presiden (capres) menguat.

Editor: lodie tombeg
Kompas.com/antara
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. Usulan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sebagai figur capres menguat saat Rakernas Nasdem. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai figur calon presiden (capres) menguat.

Pengurus Partai Nasdem daerah mengusulkan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024. 

Mencuat nama Anes Baswedan dan Ganjar Pranowo saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem.

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali mengungkapkan, para kader Partai Nasdem di daerah tampak menyukai dua tokoh tersebut.

“Kalau kita lihat aspirasi beberapa (kader) wilayah yang muncul di media tidak jauh-jauh menyebut Anies kemudian Ganjar,” sebut Ali ditemui di area parkir timur Senayan, Jakarta pasca apel persiapan Rakernas Partai Nasdem, Rabu (15/6/2022).

Tetapi, Ali mengatakan, usulan resmi kandidat capres yang akan diusung Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) itu belum final.

Pasalnya, agenda dengar pendapat dengan masing-masing DPW baru berlangsung besok, Kamis (16/6/2022).

“Walau selentingan (kader) wilayah sudah disampaikan di beberapa media. Tapi kita akan lihat secara resminya seperti apa,” tuturnya.

Ali menduga bakal muncul beberapa nama figur capres yang diusulkan oleh masing-masing DPW.

Sebab, pihak Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem tidak membatasi atau mengarahkan kader di wilayah untuk mengusulkan figur-figur tertentu.

“Kita tidak mau mendikte DPW untuk mengarahkan (dukungan) pada nama-nama tertentu,” ucapnya.

Tetapi, Ali mengingatkan bahwa hak dari masing-masing DPW hanya mengusulkan figur capres. “Penetapan siapa yang akan jadi calon (presiden) Nasdem itu kewenangan Ketua Umum,” katanya.

Adapun Rakernas Partai Nasdem memiliki agenda utama mendengarkan usulan dari 34 DPW terkait kandidat capres yang bakal diusung. Beberapa tokoh potensial yang nampak dilirik Partai Nasdem selain Anies dan Ganjar adalah Gubernur Jawa Barat Anies Baswedan.

Beberapa waktu belakangan, Surya Paloh tampak melakukan komunikasi politik dengan menerima kunjungan dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Dewan Penasihat Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved