Pemkab Pohuwato

Ada 306 Ekor Sapi yang Akan Dikurban pada Idul Adha di Pohuwato

Meski begitu, kata asisten Administrasi Umum, Rusmiyati Pakaya, jumlah sapi untuk dikurbankan pada Idul Adha di Pohuwato ...

Editor: Wawan Akuba
KOMPAS.com/ROSYID A AZHAR
Seorang petani menuntun sapi kurus di tepi Sungai Paguyaman. Ribuan petani miskin Gorontalo akan mendapat gelontoran 800 ribu ekor ayam bantuan Kementerian Pertanian. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – sedikitnya 306 ekor sapi dilaporkan akan dikurban pada Idul Adha di Pohuwato

Meski begitu, kata Asisten Administrasi Umum, Rusmiyati Pakaya, jumlah sapi untuk dikurbankan pada Idul Adha di Pohuwato ini masih akan bertambah. Mengingat lebaran Idul Adha 1443 H masih sekitar tiga minggu lagi. 

“Data ini belum fiks, karena melihat rentan waktu yang kurang lebih 21 hari lagi,” ungkap Rusmiyati pada rapat persiapan hari raya, Selasa (14/6/2022). 

Karena itu, Rusmiyati menginstruksikan semua OPD dan perangkat kecamatan, dapat melaporkan kembali ke bagian kesra data ril dari hewan kurban.

“Tolong ini (data hewan kurban) dilaporkan menjelang hari raya idul adha, baik itu jumlah sapi maupun kambing,” tegas dia. 

Selain data hewan kurban, petugas pelaksana salat hari raya juga mesti dibahas. 

Juga dengan persiapan peringatan tahun baru islam 1 Muharram 1444 hijriyah yang setiap tahun digelar. 

Sementara itu Kabag Kesra, Ibrahim Hanapi menambahkan, ”Laporan dari kecamatan dan OPD sangat diharapkan untuk memastikan jumlah hewan kurban yang ada di Kabupaten Pohuwato.”

Dijelaskan Ibrahim, sebagaimana laporan dari beberapa OPD, bahwa mereka akan memberikan satu sapi ke kantor bupati.

Karena beberapa OPD terdapat dua bahkan lebih sapi kurban.

“Sapi dari OPD itu akan dibagi pula ke desa atau masjid yang ada di Pohuwato, dan di OPD juga tetap ada sapi yang dipotong serta dibagi ke masyarakat yang wajib mendapatkan daging kurban” jelas mantan Sekcam Wanggarasi itu.

Kemudian kataIbrahim Hanapi, untuk petugas pelaksana pada hari raya idul adha akan dibahas kembali.

“Petugas pada hari raya idul adha akan dirapatkan lagi, untuk itu saat ini belum ditetapkan”,ucapnya. 

Terakhir untuk tahun baru islam, Ibrahim mengungkapkan, akan diadakan pawai hijratul rasul yang melibatkan seluruh OPD yang ada.

“Apa ada tambahan kegiatan dalam menyambut tahun baru islam akan disampaikan kembali. Intinya bahwa pawai hijratul rasul tetap dilaksanakan dalam menyambut tahun baru islam 1 Muharram 1444 hijriyah,” tutup Ibrahim Hanapi. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved