Breaking News:

Wisata Saronde Gorontalo

Ini Keuntungan Pemkab Gorontalo Utara Sewakan Pulau Saronde ke Bule Jerman

Pemkab Gorontalo Utara mengaku akan menerima keuntungan sejak Pulau Saronde disewakan dan dikelola perusahaan milik bule Jerman.

Penulis: redaksi | Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Ist
Private Villas Blue Bay Divers Saronde Island di Gorontalo Utara. Pemkab Gorut merasa untung sejak disewakan Pulau Saronde ke investor Jerman. 

Laporan Sri Aprilia Mayang, Jurnalis TribunGorontalo.com wilayah Gorontalo Utara

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Pemkab Gorontalo Utara mengaku akan menerima keuntungan sejak Pulau Saronde disewakan dan dikelola perusahaan milik bule Jerman.

Plt Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu saat ditemui TribunGorontalo.com mengungkapkan keuntungan pemerintah sejak menyewakan Pulau Saronde, Selasa (14/6/2022).

“Ada tiga yang didapatkan daerah (Gorontalo Utara), pertama pajak, retribusi, ketiga bagi basil,” tegas Thariq Plt Bupati Gorontalo Utara soal keuntungan disewakan Pulau Saronde.

Ketiga hal itu katanya, manfaatnya demi masyarakat setempat. Terutama Gorontalo Utara yang hanya memiliki pendapatan daerah yang rendah. 

“Daerah Gorut (Gorontalo Utara) ini daerah yang memiliki kapasitas fiskal yang rendah. Makanya kita punya potensi, ya kita kembangkan,” ungkap Thariq Modanggu siang tadi. 

Lalu pihaknya juga dalam perjanjian kerja sama (PKS) yang juga dibahas dengan DPR setempat, menyepakati pembagian hasil 80:20 dengan pihak pengelola. 

Artinya, dari 20 persen keuntungan pengelolaan itu, akan disalurkan ke daerah. 

Positifnya, bagi hasil ini berjalan progresif. Atau bertambah dua persen setiap tiga tahun. 

“Artinya ada kenaikan, setiap tiga tahun itu ada peningkatan 2 persen, lalu tiga tahun berikutnya 2 persen,” rinci Thariq.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved