Cagub Gorontalo

Cagub Gorontalo dari Golkar Ini Jadi Favorit: Funco Beberkan Empat Kelebihan Zainudin Amali

Pengamat sosial-politik Gorontalo Funco Tanipu menyebut Zainudin Amali (ZA) menjadi figur yang mengantongi poin paling tinggi.

Penulis: redaksi | Editor: lodie tombeg
Tribunnews/Naufal Lanten
Ketua Bappilu DPP Partai Golkar Zainudin Amali saat memberikan keterangan pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (10/6/2022). 

Laporan Ronald Rampi, wartawan TribunGorontalo.com

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo - Pengamat sosial-politik Gorontalo Funco Tanipu menyebut Zainudin Amali (ZA) menjadi figur yang mengantongi poin paling tinggi di antara keenam nama calon gubernur dari Partai Golkar yang kini tengah hangat diwacanakan.

Menurut Funco, munculnya nama Zainudin Amali sejak beberapa hari belakangan ini sebagai salah satu nama yang diusulkan sebagai calon gubernur Partai Golkar, sangatlah menarik.

Apalagi, munculnya nama Zainudin Amali tidak melalui pengusulan rapat kerja daerah (Rakerda) Golkar Gorontalo beberapa waktu lalu. 

"Masuknya nama ZA ini menjadi menarik. Karena bagaimana pun, dia (ZA) punya track record pengabdian yang panjang di Gorontalo," ungkap Funco.

Dia pun menguraikan beberapa keunggulan yang dimiliki Zainudin Amali.

Pertama, Zainudin Amali pernah menjadi anggota DPR-RI dari daerah pemilihan (Dapil) Gorontalo tahun 2004-2009.

Selama menjabat sebagai wakil rakyat Gorontalo di Gedung Senayan, Zainudin telah menorehkan berbagai program sebagai wujud pengabdiannya bagi Gorontalo.

Kedua, Zainudin Amali mempunyai pengetahuan dan penguasaan yang detail tentang Gorontalo. Baik secara sosial budaya maupun pergerakan politik Gorontalo.

"Di antara semua calon, setahu saya, pak ZA juga sangat fasih berbahasa Gorontalo, itu menjadi salah satu point penting sebagai pertimbangan pengajuan ZA sebagai Cagub dari Golkar," kata Funco.

Ketiga, Zainudin Amali dinilai mempunyai kemampuan dan keahlian di level Asia Tenggara. Politisi Golkar yang kini menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI itu disebut mampu membawa Timnas Indonesia naik peringkat ketiga di Asia Tenggara sesuai target dari Presiden Jokowi.

"Ini adalah prestasi yang ditunjukan oleh pak ZA dibidang olahraga Indonesia, dibanding dengan pejabat-pejabat Menpora sebelumnya," tukas Funco. 

Keempat, Zainudin Amali mempunyai jejaring yang sangat strategis di level pusat. Karena, Zainudin sendiri telah melewati beberapa fase menduduki jabatan strategis seperti jabatan menteri, Ketua Komisi II DPR-RI dan pernah menjabat Ketua DPD Golkar Jawa Timur.

Bahkan, Zainudin juga pernah melewati perhelatan politik pemilihan anggota DPR-RI dari dua daerah pemilihan (dapil) 'neraka' yang ada di Jawa Timur.

"Dan beliau (ZA) pun membuktikan bahwa dia mampu untuk bertarung di dua dapil neraka yang menjadi pemenang disana. Padahal waktu itu, nomor urutnya dibawah," kata Funco.  


Pengamat sosial-politik Gorontalo ini pun menyebut sosok Zainudin Amali sebagai politisi asal Gorontalo namun mempunyai kelas politik nasional.

"Itu adalah kemampuan dan keahlian pak ZA yang harus diakui melampaui ataupun lebih dari calon gubernur dari Golkar lainnya. Jadi kalau kita mau melihat secara rata-rata, dibanding calon lain. Secara faktual, pak ZA lebih diatas rata-rata," tutup Funco. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved