ADV Pemkab Pohuwato

Bupati Saipul Lepas 2 Ribu Ikan Nila Nirwana di Kolam Padengo

Usai melakukan pelepasan, Saipul yang didampingi Kadis Perikanan, Amrin Umar dan sejumlah pimpinan OPD...

Editor: Wawan Akuba
TribunGorontalo.com/Ist
Menurut pihak BPBI Wanayasa Ikan Nila Nirwana ini memiliki keunggulan pada kecepatan pertumbuhannya. Pemeliharaan sejak larva hingga berbobot di atas 650 gr per ekor, dapat dicapai hanya dalam waktu 6 bulan, sementara nila jenis lain belum tentu bisa sebesar itu. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Gorontalo – Bupati Pohuwato Saipul A Mbuinga melepas 2 ribu ikan nila jenis nirwana di kolam unit pembenihan Desa Padengo Kecamatan Dengilo, belum lama ini.  Ikan tersebut merupakan calon indukan. 

Usai melakukan pelepasan, Saipul yang didampingi Kadis Perikanan, Amrin Umar dan sejumlah pimpinan OPD, meninjau gedung pemijahan. 

Hasil pemijahan dari telur sampai larva akan dipelihara di hatchery, setelah itu akan dikeluarkan ke kolam pendederan yang ada di luar gedung.

Itu minimal sudah 3 atau 5 cm sudah bisa dipelihara di kolam pembesaran.

Bupati Saipul sangat mengapresiasi langkah baik terutama dalam melakukan pemijahan.

Karena dari pemijahan akan menghasilkan bibit ikan yang dapat dipelihara.

Saipul berharap, kolam yang merupakan milik pemerintah ini, membantu kelompok dan masyarakat pembudidaya ikan air tawar di Kabupaten Pohuwato.

Diharapkan keberadaan dari pembudidayaan atau pembenihan di tempat ini bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Mohon agar kolam yang ada ini dapat dijaga dan dirawat dengan baik terutama kehadiran dari petugas yang menjaga dan merawat ikan-ikan yang ada di perbenihan tersebut,” pinta Saipul. 

Menurut pihak BPBI Wanayasa Ikan Nila Nirwana ini memiliki keunggulan pada kecepatan pertumbuhannya.

Pemeliharaan sejak larva hingga berbobot di atas 650 gr per ekor, dapat dicapai hanya dalam waktu 6 bulan, sementara nila jenis lain belum tentu bisa sebesar itu.

Dari segi bentuk tubuh nila nirwana relatif lebih lebar dengan panjang kepala yang lebih pendek. Hal ini menjadikannya memiliki struktur daging yang lebih tebal dibandingkan dengan ikan nila lainnya.(*)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved