Alasan PKS-PKB Bentuk 'Koalisi Semut Merah' Hadapi Pilpres 2024

Koalisi Semut Merah yang dibangun Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dianggap mampu mengalahkan

Editor: lodie tombeg
Istimewa
Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid (kiri) bersama Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar (tengah) saat mengumumkan Koalisi Semut Merah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (9/6/2022). 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Koalisi Semut Merah yang dibangun Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dianggap mampu mengalahkan pasangan calon presiden dari koalisi partai besar.

Pembentukan koalisi dua partai itu diumumkan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid dan Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (9/6/2022).

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan alasan memilih nama semut merah dalam koalisi itu adalah sebagai simbol rakyat kecil.

Jazilul mengatakan PKB dan PKS tidak ingin istilah rakyat kecil hanya melekat pada satu partai saja.

“Jadi kita ingin jangan hanya rakyat kecil itu diklaim satu partai saja, kita (PKB) juga rakyat kecil. PKS juga rakyat kecil juga. Wong cilik juga. Kita juga wong cilik,” kata Jazilul.

Kata dia, PKB dan PKS juga ada di semua lapisan masyarakat mulai dari perkotaan hingga ke pesantren-pesantren.
Kendati demikian, Jazilul mengatakan dirinya tidak bermaskud menjatuhkan pihak lain dengan pernyataannya itu.

“Dan tentu kita tanpa juga curiga dengan yang lain, kita apresiaasi dengan yang lain yang sekarang sedang berproses membuat poros poros itu, silakan, yang jelas kita tidak ingin saling menjatuhkan tidak ingin saling menjelek-jelekkan,” ujarnya.

Jazilul menilai baik PKB maupun PKS memiliki basis massa yang mirip yakni punya kesamaan persepsi soal keagamaan.

Itu pulalah, kata dia, yang membut kedua parpol ini berkoalisi.

Jazilul menilai pada Pilpres periode lalu masyarakat terpecah belah dan terdapat pula polarisasi.
“Tetapi Insya Allah kalau PKB dengan PKS duduk bersama saya pikir itu akan mengurangi tensi untuk polarisasi,” tuturnya.

Bawa Kesejukan

Jazilul Fawaid berharap dengan adanya koalisi ini diharapkan dapat menghadirkan kesejukan dan warna baru menjelang Pemilu 2024.

“Karena awal, kita semuanya berharap jangan banyak curiga. Jangan negatif thinking, ini sedang apa, sedang mau apa. Kita positif thinking, ada nanti hasilnya menjadi baik,” kata Jazilul.

Wakil Ketua MPR RI ini menjelaskan awal mula terbentuknya nama Semut Merah pada koalisi ini. Itu berawal ketika PKB diundang pada acara Milad ke-20 PKS.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved