Konflik Rusia vs Ukraina

Kapal-kapal Rusia Mundur dari Laut Hitam, Ini Penyebabnya

Angkatan Laut Ukraina mengatakan kapal-kapal armada Laut Hitam Rusia mundur ke lebih dari 100 kilometer dari pantai negaranya.

Editor: lodie tombeg
BBC/Gettty
Kapal penjelajah rudal 510 Moskva di Laut Hitam-Angkatan Laut Ukraina mengatakan kapal-kapal armada Laut Hitam Rusia mundur ke lebih dari 100 kilometer dari pantai negaranya. 

TRIBUNGORONTALO.COM, Jakarta - Angkatan Laut Ukraina mengatakan kapal-kapal armada Laut Hitam Rusia mundur ke lebih dari 100 kilometer dari pantai negaranya.

Kapal-kapal Rusia mundur setelah mendapatkan serangan rudal dan pesawat tak berawak dari Angkatan Laut Ukraina.

Dalam pembaruan operasional pada Senin (6/6/2022), Angkatan Laut mengatakan bahwa dalam upaya untuk mendapatkan kembali kendali atas bagian barat laut Laut Hitam, Rusia telah mengerahkan sistem rudal pantai di wilayah Krimea dan Kherson.

Dikatakan ancaman serangan rudal dari laut tetap ada.

"Sejak awal invasi, kapal dan kapal selam musuh telah meluncurkan lebih dari 300 rudal jelajah di wilayah Ukraina," kata Angkatan Laut.

"Saat ini, intensitas serangan dengan rudal jelajah Kaliber telah menurun, sementara musuh mulai mengenai target darat dengan rudal anti-kapal."

"Mungkin, ini menunjukkan bahwa Rusia telah menggunakan sejumlah besar senjata rudal modern dan terpaksa menggunakan jenis rudal yang sudah ketinggalan zaman," tambahnya.

Angkatan Laut mengatakan sekitar 30 kapal dan kapal selam Rusia melanjutkan blokade pengiriman sipil.

"Saat ini, ada hingga 12 kapal pendarat besar di Laut Hitam, tetapi lebih dari sepertiganya sedang dalam perbaikan," kata Angkatan Laut.

Angkatan Laut mengatakan Rusia telah mengadopsi taktik Kiev dan mencoba untuk mendapatkan kembali kendali atas bagian barat laut Laut Hitam melalui sistem rudal pantai dan rudal jelajah berbasis udara.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved