Joe Biden Kirim Roket Jarak Menengah ke Ukraina

Pemerintahan Joe Biden akan mengirim sistem roket jarak menengah berteknologi tinggi ke Ukraina.

Editor: lodie tombeg
Tribunnews
Presiden AS Joe Biden 

TRIBUNGORONTALO.COM, Amsterdam - Pemerintahan Joe Biden akan mengirim sistem roket jarak menengah berteknologi tinggi ke Ukraina.

Dikutip dari usnews.com, Rabu (1/6/2022) sistem roket tersebut merupakan bagian dari bantuan keamanan senilai 700 juta dolar AS untuk Ukraina yang akan mencakup helikopter, sistem senjata anti-tank Javelin, kendaraan taktis, dan suku cadang.

Keputusan Amerika Serikat (AS) menyediakan sistem roket canggih untuk Ukraina demi membantu memerangi serangan artileri Rusia.

Dalam esai tamu yang diterbitkan oleh The New York Times, Joe Biden mengonfirmasi dan memutuskan untuk memberi Ukraina sistem roket dan amunisi yang lebih canggih yang akan memungkinkan pasukan Ukraina untuk lebih tepat menyerang target utama di medan perang.

Menurut pejabat senior pemerintah, Ukraina telah meyakinkan pejabat AS bahwa mereka tidak akan menembakkan roket ke wilayah Rusia.

Seorang pejabat mencatat, sistem roket canggih akan memberikan pasukan Ukraina presisi yang lebih besar dalam menargetkan aset Rusia di dalam Ukraina.

Harapannya adalah Ukraina dapat menggunakan roket di wilayah Donbas timur, di mana mereka dapat mencegah serangan artileri Rusia dan mengambil posisi Rusia di kota-kota seperti Sievierodonetsk.

Sievierodonetsk merupakan wilayah penting bagi Rusia untuk merebut Donbas sebelum lebih banyak senjata Barat tiba untuk memperkuat pertahanan Ukraina.

Kota yang terletak 90 mil (145 kilometer) selatan perbatasan Rusia, berada di daerah kantong terakhir di bawah kendali pemerintah Ukraina di wilayah Donbas Luhansk.

“Kami tidak mendorong atau memungkinkan Ukraina untuk menyerang di luar perbatasannya. Kami tidak ingin memperpanjang perang hanya untuk menimbulkan rasa sakit di Rusia,” kata Biden dalam esainya di New York Times.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved