Kenali Gejala Dini Kanker Payudara

Pertumbuhan sel kanker payudara yang tidak terkontrol dapat merembet ke bagian tubuh lain melalui kelenjar getah bening.

Editor: Fajri A. Kidjab
Klikdokter
Ilustrasi kanker payudara 

TRIBUNGORONTALO.COM - Kanker payudara biasanya terbentuk di saluran payudara, kelenjar yang menghasilkan susu, atau jaringan lemak dan ikat di dalam payudara.

Pertumbuhan sel kanker payudara yang tidak terkontrol dapat merembet ke bagian tubuh lain melalui kelenjar getah bening.

Pada kanker payudara stadium awal, tumor ganas baru tumbuh di jaringan payudara.

Biasanya ditemukan satu sampai tiga buah sel kanker berukuran 0,2–2 Milimeter di kelenjar getah bening sekitar payudara .

Sedangkan pada kanker payudara stadium akhir, tumor ganas di payudara tumbuh cukup besar (lebih dari 5 Centimeter). Atau, sel kanker terdeteksi di kelenjar getah bening lebih dari 10 titik.

Pada stadium kanker payudara stadium akhir, biasanya tumor ganas telah menyebar jauh dari payudara, seperti paru-paru, kulit, tulang, hati, rahim, sampai ke otak.Dilansir dari Healthline, ciri-ciri kanker payudara stadium awal di antaranya:

  • Bentuk puting berbeda dari biasanya
  • Payudara terasa sakit, padahal tidak mendekati jadwal haid
  • Muncul benjolan atau jaringan yang menebal di payudara
  • Keluar cairan dari puting berwarna bening, merah, coklat, atau kekuningan padahal tidak sedang menyusui
  • Payudara kemerahan, bengkak, gatal-gatal, atau ruam tanpa sebab jelas
  • Teraba benjolan di dekat tulang selangka atau di ketiakDi payudara, muncul benjolan dengan tekstur keras dengan bagian tepi yang tidak beraturan

Jika Anda merasakan beberapa tanda kanker payudara stadium awal di atas, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter. (*)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved